TAPSEL - Cuaca panas dan kondisi seperti menjelang kemarau membuat rawan kebakaran hutan dan lahan. Untuk mengantisipasi hal itu, masyarakat di lokasi TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 111 Kodim 0212/Tapsel di Dusun Tangga batu, Desa Siuhom, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan mendapatkan penyuluhan pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dari Satgas TMMD dan Kasi UPT KPH unit Tapanuli Selatan.


Dalam materi yang disampaikan narasumber dari Kasi KPH unit Tapanuli Selatan, Zulkarnain Hasibuan mengajak masyarakat untuk berhenti membuka lahan dengan cara membakar.

"Selain merusak lingkungan, asap yang dihasilkan dari pembakaran hutan dan lahan ini dapat menyebabkan bencana asap yang diakibatkan Karhutla," kata Zulkarnain.

Dikatakannya, melalui penyuluhan ini, diharapkan masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang kehutanan juga alternatif terkait cara membuka lahan tanpa harus membakar.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0212/Tapsel, Kapten Inf Adenan Pane menuturkan, kegiatan penyuluhan ini merupakan salah satu rangkaian program non fisik dari TMMD yang dilakukan Satgas TMMD.

"Ya jadi giat Satgas TMMD ke-111 Kodim 0212/Tapsel hari ini melaksanakan kegiatan non fisik yaitu penyuluhan tentang kehutanan dan antisipasi Karhutla, Diharapkan melalui program ini tidak ada lagi masyarakat yang membakar hutan ataupun lahan,” pungkasnya.