DELISERDANG - PT Angkasa Pura I cabang Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, menyediakan layanan vaksinasi gratis bagi calon penumpang, Selasa (6/7/2021).


Layanan yang dibuka hari ini lantaran selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali hingga 20 Juli 2021 mendatang, vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu syarat penerbangan.

Manager of Branch Communication & Legal Bandara Kualanamu, Chandra Gumilar mengatakan sejak Senin (5/7/2021) kemarin, pihaknya sudah menyiapkan sentra vaksin bagi penumpang pesawat.

Calon penumpang yang belum mendapatkan vaksinasi, mereka bisa datang ke bandara H-1 sebelum keberangkatan atau paling tidak 6 jam sebelum keberangkatan.

Dikarenakan proses pendaftaran hingga mendapatkan surat vaksin memerlukan waktu 30-40 menit.

"Pelayanan vaksinasi tersebut dibuka mulai pukul 09.00-15.00 WIB, dengan target sebanyak 200 orang per harinya. Penumpang minimal usia 17 tahun harus membawa elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) asli. Mereka akan diberikan pelayanan oleh petugas kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Bandara Kualanamu," ujar Chandra Gumilar disela peninjauan vaksinasi.

Dengan adanya sentra vaksin itu, kata Candra calon penumpang yang melakukan perjalanan ke Pulau Jawa dan Bali bisa memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

"Diharapkan dengan adanya layanan vaksinasi maka calon penumpang dapat senantiasa memenuhi protokol kesehatan pada masa PPKM Darurat. Begitu juga bertujuan untuk mendukung percepatan program yang dicanangkan pemerintah sebagai upaya kita bersama dalam mewujudkan kekebalan komunal atau herd community," pungkasnya.