DELISERDANG - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Deliserdang, Ir Irawan MAP ditetapkan menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Deliserdang. Penetapan Irawan menjadi Ketua DPD PAN Deliserdang sesuai dengan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) No. PAN/A/Kpts/KU-SJ/325/IV/2021 tentang Pengesahan Pengurus DPD PAN Kabupaten Deliserdang Periode 2020-2025.

Dalam surat keputusan tersebut nama Bayu Sumantri Agung menjabat sebagai Sekretaris dan Wahyu Senin SE menjabat sebagai Bendahara.

Ditemui setelah menerima salinan SK DPP PAN tersebut, Irawan memaparkan, setelah dilaksanakan Musyawarah Daerah PAN Deliserdang dan diputuskan formatur, maka DPP PAN yang memutuskan nama-nama ketua.

"Saya dipercaya sebagai ketua, dan dibantu pengurus lainnya yang kebanyakan berusia milenial," kata Irawan yang juga menjabat sebagai Ketua Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Deliserdang kepada wartawan, Senin (5/7/2021).

Irawan yang sudah dua periode duduk di DPRD Deliserdang ini memaparkan, setelah menerima SK DPP PAN ini, bersama para kader lainnya di Deliserdang, ia memasang target untuk menambah kursi PAN menjadi delapan kursi. Target itu sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diraih, karena PAN Deliserdang pernah meraih kursi pimpinan DPRD pada periode 2014-2019.

"Meski pada periode 2019-2024 ini kursinya turun menjadi empat kursi. Saya berkeyakinan pada 2024-2029 bisa meraih delapan kursi. Apalagi PAN ini memiliki organisasi otonom (Ortom) Barisan Muda (BAM) PAN, yang pada saat 2024 jumlah pemilih milenial akan bertambah, salah satu cara kami adalah memasukkan sebanyak 30 persen milenial dalam kepengurusan dan seluruh pengurus akan menjadi calon legislatif (Caleg) di wilayahnya masing-masing," papar anggota DPRD Deliserdang asal daerah Pemilihan Percut Seituan dan Batangkuis.

Di dalam kepengurusannya ini, Irawan menjelaskan, para pengurus di DPD PAN Deliserdang wajib bersedia menjadi Caleg 2024-2029, sehingga sekarang ini sudah mulai dibagi wilayahnya. Sehingga para pengurus ini bisa bekerja untuk terus menyapa masyarakat.

"Saya punya moto hidup, jangan pernah berharap apa-apa kalau kita belum pernah berbuat untuk masyarakat. Jadi mulai sekarang terus bekerja menyapa masyarakat, berbuat sebanyak-banyaknya untuk membantu masyarakat. Dengan begitu, kita kader PAN Deliserdang bisa menjadi harapan masyarakat," katanya.

Terpisah, para pengurus Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah dan PD Aisyah Deliserdang menyambut baik diputuskannya Irawan menjadi Ketua DPD PAN Deliserdang.

Seperti Ketua PD Muhammadiyah Deliserdang, H. Ibnu Hajar M.Pd mengucapkan Tahniah kepada Irawan yang diamanahkan memimpin DPD PAN Deliserdang.

"Semoga di bawah kepemimpinan Saudara Irawan, DPD PAN bisa bersinergi dengan Muhammadiyah Deliserdang dalam membangun ukhuwah, ummat dan warga Deliserdang sesuai visi misi Bupati," ucapnya.

Menurut Ibnu, Muhammadiyah terbuka kepada siapapun terkhusus yang punya komitmen dalm membangun dan mencerahkan. Muhammadiyah tidak berpolitik, tapi banyak kader Muhammadiyah yang berkiprah di PAN.

"Pesan kami, Saudaraku Irawan tetaplah tawadhuk, teruslah berfastabiqul khairat," pesannya.

Sementara itu, Ketua PD Aisyah Deliserdang, Yenny Dermawan menyampaikan harapannya kepada Ketua DPD PAN Deliserdang, Irawan untuk dapat lebih mampu memberikan perhatian besar terhadap kiprah perempuan dalam politik sebagai sarana Dakhwah.

"Sama-sama kita ketahui bahwa lahirnya PAN diawali dari hasil sidang Tanwir Muhammadiyah 5-7 Juli 1998. Jadi sudah sewajarnya PAN menjalin silaturahim yang erat bersama Muhammadiyah dan Aisyiyah, serta memiliki andil dalam memperjuangan kepentingan dan cita-cita dari Aisyiyah Deli Serdang. Semoga Figur Bapak Irawan dapat merawat hubungan baik dengan Aisyiyah kedepannya," harapnya.