MEDAN - Tiga pekan menjelang Hari Raya Idul Adha, permintaan hewan kurban mulai meningkat Sementara harga di tingkat peternak masih bertahan stabil.

Seperti pengakuan Tri Sudibyo, peternak domba dan kambing di Jalan Jamin Ginting Desa Pertampilen Gang Ketaren Kecamatan Pancur Batu Deliserdang, hingga saat ini permintaan konsumen untuk hewan kurban sudah mulai ada, namun belum banyak.

"Permintaan ada. Tapi biasanya puncaknya seminggu atau dua minggu sebelum hari H. Saat ini masih biasa, tapi sudah mulai ada," ujar Tri Sudibyo, Kamis (1/7).
Permintaan saat ini akunya belum seperti dua tahun lalu, sebelum pandemi Covid-19. Namun dibandingkan tahun lalu, dengan posisi yang sama mengalami kenaikan sekira 10 %.

"Untuk tahun ini kita ada stok 80 ekor, yang sudah laku ada 20 ekor. Sudah terjual 25% dari stok yang ada," ujarnya, sedangkan tahun lalu dengan posisi yang sama penjualannya hanya 10 hingga 15 ekor.

Saat ini akunya, harga domba dan kambing masih standar, hanya saja ada kenaikan Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per ekor. Sebagai imbas dari kenaikan harga pakan.

"Tapi ada juga yang stabil harganya. Karena kita juga tidak bisa serta merta menaikkan harga, takutnya tidak laku," ujarnya.

Dia optimis, permintaan tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu. Sebab ekonomi sudah mulai bangkit.

Untuk harga, dibandrol bervariasi mulai Rp1,5 juta hingga Rp 3 juta per ekor tergantung berat dan jenisnya.

Terpisah, Iwan pedagang hewan kurban di Jalan Karya Darma Ujung, Pangkalan Mahsyur, Medan Johor, Sumatera Utara, mengaku permintaan hewan kurban tahun ini untuk kambing maupun lembu mengalami penurunan drastis dibanding tahun lalu.

Adapun untuk harga hewan kurban yang dijajakannya untuk hewan sapi atau lembu berkisar Rp13,7 juta sampai Rp15 juta dengan berat badan mulai dari 75 kg hingga 90 kg. Sedangkan untuk kambing mulai harga Rp2 juta hingga Rp5 juta an sesuai dengan berat dan jenis kambing.

Iwan mengaku pemesanan hewan kurban tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana jika tahun sebelumnya untuk sapi di atas 20 ekor, untuk tahun ini masih di bawah 20 ekor. Begitu juga dengan kambing.

"Permintaan mengalami penurunan. Tahun lalu lembu 22 ekor, saat ini masih 12 ekor. Harga juga lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Terjadi penurunan sekitar Rp200 ribu sampai Rp300 ribu dengan hewan yang sama beratnya," ujarnya.