PALAS - Institut Teknologi dan Sains Telah kini telah hadir di Kabupaten Padanglawas dan membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2021/2021. Demikian disampaikan Pendiri/Ketua Yayasan ITS Paluta-Palas, DR Amarullah Nasution SE MBA saat menggelar konfrensi pers, Rabu (23/6/2021) di Gedung Kampus Satu ITS Palas di Sibuhuan.

"Tahun 2021 ini, Kampus ITS Palas sudah mulai menerima mahasiswa baru," katanya kepada sejumlah wartawan.

Amarullah menerangkan, dengan adanya ITS Palas, putra-putri Palas tidak perlu lagi jauh-jauh sekolah keluar daerah seperti ke Medan, Jakarta, Pekan Baru dan lainnya.

"Dengan hadirnya ITS, bagi sebahagian yang tidak mampu ekonominya dapat kesempatan untuk kuliah. Hal ini memberikan kesempatan bagi putra putri yang ada di Palas untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. ITS Palas tidak perlu lagi diragukan, uang kuliah yang cukup ekonomis, disamping itu kita sudah punya akreditas BAN-PT," tegas Amarullah.

Dia berharap, dua tahun kedepan ITS Palas sudah menjadi Universitas untuk kemajuan pengembangan SDM, khususnya masyarakat Palas.

Di tempat yang sama, Rektor ITS, Dahrul Aman Harahap SE SPT MM MPd menyampaikan, ITS Palas membuka Program Studi Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Pertanian.

Untuk Studi Fakultas Ilmu Komputer, pihaknya membuka jurusan Prodi Teknologi Informasi (S1-COM) dan Prodi Sistem Informasi (S1 COM). Sedangkan untuk Fakultas Pertanian, membuka jurusan Prodi Peternakan (S1-SPt) dan Prodi Agroteknologi (S1-SP).

"Dengan kuliah di ITS, akan menambah kualitas kemajuan SDM sekaligus membantu masyarakat. Jadi, setiap program studi mahasiswa akan dibimbing 5 dosen," terangnya.

Kata Dahrul, Kampus ITS Palas juga dilengkapi dengan sarana dan prasana 21 ruangan kelas dengan ruang laboraturium sesuai kententuan standar nasional.

Dia juga memaparkan, ITS Kampus II di Palas memiliki ijin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan No : 1/LLI/KB.01.03./2021.

Selain itu tambahnya, masa pendaftaranMahasiswa baru sudah dibuka 1 Juni 2021 s/d September 2021.

"Tempat pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yaitu Jalan Ki Hajar Dewan Tara Lingkungan VI Sibuhuan, Kecamatan Barumun," kata Dahrul.

Untuk sarana fasilitas Yayasan ITS Palas dengan luas lahan kampus 1 Ha memiliki fasilitas gedung kuliah 3 lantai dengan fasilitas ruang belajar yang nyaman kondusif dan berdaya guna.

Selanjutnya, tersedia perpustakaan dengan referensi buku buku yang lenkap (e - library), Laboratorium komputer Full AC.

Laboratorium program Study, Laboratorium Microteaxhing, ruang sidang dan ruang Seminar full Ac, area parkir yang luas dengan security 24 jam dan kantin yang sehat.

Kemudian tersedia Media pembelajaran yang cukup memadai, alat peraga dan audio visual.

"Pusat sumber belajar, pusat komputer, Tax center, pusat study pasar modal dam multimedia," ungkapnya.

Free internet WiFi hotspot area, untuk menduku self learning, musholla untuk jama'ah dosen dan mahasiswa, sebagai wahana aktivitas dan telaah keagamaan, pendalaman kajian ilmu agama dan ruang rasimen mahasiswa serta ruang sekretariat mahasiswa.