TOBA - Satu dari 3 karyawan Regal Spring Indonesia PT Aqua Farm Nusantara Wilayah Toba berinisial M (48) meninggal dunia karena terinfeksi Covid 19. Berdasarkan informasi medis, korban terinfeksi sesuai jenis sampel Naso Orofaring, jenis pemeriksaan Covid 19, Real Time RT PCR, Positif Sars Covid.

Sebelumnya, almarhum dan ke 2 rekannya sempat dirawat di RS Penananganan Covid Parapat karena terinfeksi Covid-19, yang akhirnya merengut nyawa M dan dikebumikan secara prokes Covid tadi malam di pemakaman Muslim Parapat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, korban sempat diisolasi dan dirawat di RS Penanganan Covid-19 Parapat sejak 9 Juni 2021 dan selanjutnya dirujuk ke salah satu rumah sakit di Medan hingga menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (16/6/2021).

Buyung salah seorang pengurus Masjid Parapat mengaku, pihak kelurahan setempat langsung melakukan penyemprotan cairan disinfektan bersama tim dari Puskesmas Parapat di rumah korban yang diketahui juga buka usaha warung Bakso di Jalan Merdeka Pangasean, Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun.

Sementara, salah satu karyawan PT.Aqua Farm Regal Spring Indonesia lainnya Agus P (56) masih dalam perawatan, namun satu Warga Negara Asing (WNA) India berinsial Sha, kabarnya masih simpang siur dan informasi terakhir dari sumber sedang menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Medan dengan menyebut dirawat di RS Siloam Medan dan ada juga yang mengatakan di rawat dirumah sakit lain.

Ketika hal ini ditanyakan gosumut kepada Manager Humas Perusahaan, Kasan melalui pesan WhatsApp, tidak memberikan komentar dan malah mengirimkan siaran pers rilis tertulis yang membenarkan adanya satu orang karyawan PT.Aqua Farm Nusantara Regal Springs Indonesia meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19 bernama M.

M yang kesehariannya bertugas dan bekerja di unit budidaya PT.Aqua Farm Nusantara Sumatera Utara meninggal pada Rabu (16/6/2021) diakibatkan infeksi Covid 19.

Melalui siaran pers tertulisnya, Head Of Corporate Affair & Sustainability PT A.Aqua Farm Nusantara (PTAFN) David Tampubolon yang disampaikan Kasan selaku Manager Kehumasan P.AFN, perusahan telah menerapkan Rencana Penanganan Risiko Covid 19 di lingkungan perusahaan sejak Februari 2020.

Rencana yang ketat ini memuat prosedur operasi standar yang harus diikuti semua karyawan untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona di tempat kerja.

Sementara itu, putri alm M berinisial S (22) masih tetap menjalani perawatan intensif di RS Penanganan Covid Parapat.

Beberapa warga Kota Wisata Ajibata, Kecamatan Ajibata, lokasi perusahaan berdiri memberikan respon dan harapan kepada Pemerintah Kabupaten Toba.

Seperti yang disampaikan M Sinaga (56). Warga Ajibata ini berharap Tim Gugus Tugas Covid Toba supaya secepatnya melakukan rapid tes antigen secara menyeluruh kepada seluruh karyawan perusahaan tanpa terkecuali.

Dikhawatrikannya, kematian salah satu karyawan perusahaan sudah barang tentu menjadi momok baru yang menakutkan bagi warga kota wisata Ajibata, ditambah lagi karyawannya ada WNA Negara India.

"Si Sha itu sering juga melakukan dan memimpin rapat rapat dengan para stafnya, yang selanjutnya para stafnya melakukan sosialisasi ke karyawan/buruh lainnya di lapangan," beber Sinaga.