DELISERDANG - Sebanyak 21 tenaga kesehatan (nakes) bertugas di Puskesmas Batangkuis Jalan Pancasila, Deliserdang, terpapar virus Covid-19, Selasa (18/5/2021). Dari jumlah tersebut, 4 orang di antaranya dokter gigi dan umum.

Hal itu diketahui dari hasil swab massal yang sebelumnya dilakukan para nakes dan dokter di puskesmas tersebut. 

"Ada 94 nakes di puskesmas melakukan swab massal selama dua hari dari tanggal 11 sampai 12 Mei 2021. Hasilnya, 21 orang yakni, RK, TF, Vi, FN, NS, WB, BS, EI, DN, AZ, EK, DA, MH, BP, RS, dan MS, dinyatakan terkonfirmasi virus Corona. Begitu juga dengan empat dokter gigi dan umum, dr. Si, drg. Yr, drg CS dan dr. Gy," ujar Kepala Puskesmas Batangkuis, dr Aguswan ditemui di ruang kerjanya.

Aguswan menyebutkan, puluhan nakes yang terpapar virus Covid-19, telah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing selama dua pekan.

"Seusai isolasi mandiri, mereka (nakes) diperbolehkan bertugas kembali dengan sebelumnya diwajibkan swab kedua. Itu guna mengetahui hasilnya apakah positif atau negatif," sebutnya. 

Ketika ditanya adakah para nakes melakukan perjalanan keluar kota/negeri sebelum di swab, Aguswan menyatakan tidak ada. 

"21 nakes ini bisa saja terkena sewaktu pergi ke pasar ataupun kelupaan mencuci tangan serta tak memakai hand sanitizer. Pun begitu, kondisi mereka sudah membaik," pungkasnya.