TAPTENG - Hujan deras yang melanda Kabupaten Tapanuli Tengah dan sekitarnya, sejak Minggu (16/5/2021) hingga Selasa (18/5/2021) mengakibatkan longsor di Jalan lintas Manduamas-Aceh Singkil, Desa Saragih, Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah. Jalur lintas Manduamas-Aceh Singkil yang tertimbun material longsor ini tepatnya di depan Kafe Samudra sempat lumpuh total.

Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto, didampingi Kapolsek Manduamas AKP Kuson Butar-butar, dan PJU melalui Kasubbag Humas Polres Tapteng, AKP Horas Gurning membenarkan kejadian tersebut.

Berdasarkan informasi yang diterima Kapolsek Manduamas AKP Kuson Butar-butar kejadian sekitar pukul 18.30 Wib. 

"Material longsor menutupi bahu jalan. Sehingga mengakibatkan tidak dapat dilalui oleh kendaraan," kata Horas Gurning.

Masih katanya, mendapati informasi pihaknya langsung turun ke lokasi kejadian.

"Dengan mengerahkan alat berat, Polres Tapteng bersama petugas Kementerian PUPR  material  longsor yang menutupi bahu jalan sekitar pukul pukul 05.00 Wib pagi tadi, dapat dibersihkan dan kini arus jalan lintas Manduamas-Aceh Singkil sudah kembali normal," terangnya.

"Kami dari Mapolres Tapanuli Tengah  mengimbau kepada seluruh masyarakat Tapanuli Tengah dan sekitarnya, guna mencegah risiko adanya korban jiwa dengan kondisi cuaca yang kurang baik diharapkan meningkatkan kewaspadaan dan peka terhadap kondisi cuaca ekstrim saat ini. Hal ini terkait prakiraan BMKG bahwa intensitas hujan deras di wilayah Tapanuli Tengah dan sekitarnya,” pungkasnya.