TOBA - Dalam rangka mendukung program pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Destinasi Pariwisata Danau Toba menuju pariwisata Internasional Kapolda Sumut Irjend Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi bersama Pangdam I/BB, Mayjend TNI Hassanudin menertibkan dan penataan Keramba Jaring Apung (KJA) di kawasan wisata pantai Danau Toba Desa Lumban Silintong Kecamatan Balige. KJA yang ditata tersebut, milik Manarsar Siahaan (55) sebanyak 10 Petak Keramba yang sudah lama dikelolanya. Sementara berdasarkan data yang diperoleh sebanyak 539 KJA di kawasan Danau Toba Kabupaten Toba, 130 KJA di Balige, salah satu dimiliki Manarsar Siahaan.

Kapolda dalam sambutannya mengapresiasi Manarsar, sebab satu-satunya pelaku usaha KJA yang telah dengan suka rela menarik KJA miliknya dari Danau Toba.

Langkah ini sebut Kapolda, sebagai bentuk dukungan dalam upaya kesuksesan KSPN Destinasi Pariwisata Danau Toba menjadi Pariwisata Go Internasional.

"Dengan kesadaran dan kerelaannya membongkar KJA miliknya dari Danau Toba demi kelestarian dan kebersihan perairan Danau Toba sebagai lokasi destinasi pariwisata layak didukung dan difasilitasi untuk membuka usaha baru untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya,"ujar Kapolda.

Pemerintah lanjutnya, telah melakukan berbagai tahapan sosialiasi dan pendekatan secara persuasif supaya para pelaku usaha KJA tidak mengembangkan lagi usahanya.

Bupati Toba Poltak Sitorus menyambut baik respon Manarsar Siahaan yang dengan suka rela membersihkan dan membongkar KJA nya dari dalam perairan Danau Toba.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga berterimakasih atas dukungan masyarakat Toba untuk mendukung KSPN dan mewujudkan Danau Toba menjadi pariwisata super prioritas.

Diamenegaskan Pemkab Toba akan memberikan dukungan terhadap pemilik usaha KJA, salah satunya dengan memberikan pelatihan padat karya untuk membuka usaha baru.

"Harapan kita ke depan supaya masyarakat  pelaku usaha KJA lainnya dapat dengan sendirinya beralih usaha dalam upaya mendukung Danau Toba sebagai kawasan wisata super prioritas," ujar Poltak.

Setelah keramba jaring apung berhasil ditarik mendekat ketepian oleh Kapolda Sumut bersama Pangdam I/BB mengambil dan melepaskan ikan yang masih ada di dalam keramba ke Danau Toba.

Pelepasan ikan dari keramba juga dilakukan Bupati Toba Ir Poltak Sitorus dan wakil Bupati Tonni Simanjuntak berikut Kajari Toba Samosir, Baringin Pasaribu SH MH, Ketua PN Balige Lenni Megawati Napitupulu SH MH, Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya dan DANDIM 02.10 Letkol CZI Roni Agus Widodo.

Usai semua ikan dilepaskan ke Danau Toba selanjut KJA dibongkar pemilik dibantu petugas dari Pemerintah Kabupaten Toba dan personil Polri dari jajaran Polres Toba.