LABURA - Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Labuhanbatu Utara, Hendriyanto Sitorus, membuka musyawarah cabang gerakan pramuka kwartir cabang Labuhanbatu Utara tahun 2021 di Aula Ahmad Dewi Syukur, Komplek Kantor Bupati, Jumat (7/5/2021).

Dalam sambutannya, Hendriyanto mengatakan, muscab merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap akhir masa bakti bagi setiap organisasi. Tidak terkecuali bagi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Labuhanbatu Utara.

“Gerakan pramuka menempatkan musyawarah cabang sebagai peristiwa organisasi yang sangat penting karena pemegang kekuasaan tertinggi dalam organisasi kepramukaan adalah musyawarah cabang,”ucap Hendriyanto yang juga Bupati Labuhanbatu Utara.

Ditambahkannya, musyawarah cabang merupakan perwujudan kedaulatan anggota karena memiliki wewenang untuk melakukan evaluasi pertanggungjawaban pengurus terhadap tugas-tugas yang telah dilaksanakan, menetapkan recana kerja dan pokok-pokok kebijaksanaan untuk masa bakti 2020-2025, memilih pengurus kwartir cabang dan menghimpun serta merumuskan masukan-masukan dari kwartir ranting untuk perkembangan gerakan pramuka.

“Hal yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana menyusun rencana kerja untuk lima tahun ke depan yang dapat sejalan, seiring dan selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara untuk membangun Bumi Basimpul Kuat Babontuk Elok yang kita banggakan,“ ucapnya.

Di akhir sambutannya, berharap muscab yang dilaksanakan dapat memilih dan menetapkan ketua dan pengurus kwartir cabang gerakan pramuka Kabupaten Labuhanbatu Utara yang mempunyai kemampuan dan kemauan menjalankan roda organisasi untuk meningkatkan kualitas dan mutu kepramukaan agar dapat sejajar dengan daerah lainnya di Sumatera Utara.