ASAHAN - Banyak bentuk jenis parsel di Indonesia terkhusus di Kabupaten Asahan sebagai buah tangan di hari raya Idul Fitri. Mendekati hari raya Idul Fitri, masyarakat pun mulai memburu parsel.
Dari banyaknya jenis parsel yang ditampilkan dan dijual di Kabupaten Asahan, ada yang berbeda di tahun ini.

Hasil karya Toko Vinwen yang beralamat di Jalan Imam Bonjol, Kisaran, Kabupaten Asahan terdapat parsel yang cukup menarik.

Biasanya, parsel hanya diisi dengan makanan kering, minuman dan bahkan pecah belah. Namun karya Toko milik Liecen itu cukup menarik. Sebab, ada isi parsel yang biasanya tidak pernah ada.

Parcel ini tinggi 1,5 meter, di dalamnya banyak jenis isi. Yang paling menarik ada kaligrafi yang terbuat dari kulit lembu.

Liecen mengatakan, kaligrafi tersebut sengaja dipesannya dari Tegal, Pulau Jawa. "Ini kaligrafi yang bagus punya. Saya pesan dari Tegal," terangnya kepda Gosumut.com, Jumat (30/4/2021).

Kemudian, terdapat juga tempat kue yang terbuat dari kramik kristal, makanan, minumanan dan pernak-pernik lainnya.

Untuk bentuknya sangat mengesankan mata, sehingga pembeli berminat untuk memesannya.

"Kalau cuma makanan saja yang ada di dalam, pastinya habis lebaran parsel pun habis. Tak ada kenangan dari pemberian orang. Kalau ada kaligrafi dan benda-benda unik lainnya, pastinya bisa jadi kenangan," kata Liecen.

Liecen telah mempatokkan harga parcel tersebut senilai 1,3 juta rupiah. Ada juga parsel dengan bentuj yang hampir sama, namun ukurannya lebih kecil seharga 1,1 juta bahkan 800 ribu rupiah.

"Memang untuk harga agak mahal, karena bahan di dalamnya bahan yang kualitasnya terjamin bagus," tuturnya.