SIMALUNGUN - Satu dari dua pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor), diserahkan korbannya kepada petugas kepolisian dari Polsek Panei Tongah, Senin (26/4/2021). Pelaku yang diketahui berinisial MAD alias Azwar (21), warga Jalan Pisang, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Marihat ini, mencuri sepeda motor milik Jones Situmeang (41), warga Jalan Pendidikan, Nagori Simpang Raya Dasma, Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun.

Menurut keterangan dari Kapolsek Panei Tongah AKP Hilton Marpaung ketika dikonfirmasi Go Sumut mengatakan, bahwa pencurian itu diketahui pertama kali oleh tetangganya korban yang diketahui bernama Edi Sitindaon (28), warga Jalan Besar Seribu Dolok, Kelurahan Panei Tongah, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun.

"Pada saat itu Edi yang merupakan saksi dalam kejadian itu, menanyakan kepada korban apakah sepeda motornya telah hilang. Karena Edi melihat kalau sepeda motor Yamaha Mio BK 2575 NY miliknya dibawa oleh orang yang tidak dikenal. Dan saat korban memeriksa ke garasinya bahwa sepeda motonya sudah tidak ada," ucap AKP Hilton Marpaung melalui via seluler, Selasa (26/4/2021).

Setelah diketahui sepeda motornya telah hilang, kemudian korban bersama Edi berboncengan untuk mengejar pelaku. Ketika berada di Pom bensin yang berada di Bombongan Jalan Besar Saribu Dolok menuju Kota Pematangsiantar, korban berhasil menemukan pelaku Azwar bersama dengan temannya dan langsung dihentikan oleh korban dan juga saksi.

"Tapi saat coba dihentikan oleh korban pelaku tidak mau berhenti. Sehingga sepeda motor yang dibawa pelaku ditendang korban hingga terjatuh. Hanya saja setelah pelaku terjatuh dan hendak ditangkap, pelaku sempat melawan sehingga terjadi perkelahian dan memang perkelahian itu tidak lama karena pelaku berhasil diamankan oleh korban dan juga saksi," terangnya.

Korban dan saksi selanjutnya menyerahkan pelaku ke Polsek Panei Tongah. Sedangkan teman pelaku berhasil melarikan diri, korban juga telah membuat laporan. "Dalam insiden ini korban mengalami kerugian sekitar Rp 6 juta," bebernya.

Untuk barang bukti yang berhasil diamankan berupa 1 unit sepeda motor Mio Soul BK 2575 NY, dan 1 unit sepeda motor Honda Revo BK 4260 XC, 1 buah HP merek Samsung lipat warna hitam, 1 buah kunci pas, 1 buah kunci berbentuk pisau, 1 buah gunting kecil, 1 buah tas ransel berisikan jaket warna merah dan 1 buah mantel hujan warna biru.