LANGKAT - Penyulingan minyak mentah milik Supriono (40) warga Dusun VI Bukit Payung, Desa Kwala Pesilam, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, terbakar pada Rabu (21/4/2021) kemarin sekira pukul 11.30. Peristiwa ini berawak saat 1 unit mobil truk colt diesel sedang bongkar muatan minyak mentah dengan menggunakan mesin penghisap yang dipindahkan ke beberapa drum milik Supriono.

Ketika pengisian nyaris selesai, suara mesin hisap tersendat akibat kehabisan minyak. Kemudian diisi dengan minyak bensin tanpa mematikan mesin.

Spontan api membakar mesin penghisap dan menyambar/membakar seluruh minyak yang sudah diolah terdiri dari 9 ton bensin, 3 ton serta minyak lampu dan beberapa drum solar.

Api juga membakar tanaman kelapa sawit dan tanaman lainnya di sekitar lokasi. Seketika mobil truk colt diesel kabur dari lokasi meninggalkan kobaran api.

Warga setempat berupaya memadamkan kobaran api secara manual.

"Satu unit mesin penghisap minyak/rusak terbakar, selang minyak bekas terbakar dijadikan barang bukti," ungkap Paur Subbag Humas Polres Langkat Aiptu Yasir Rahman kepada awak media.