TEBINGTINGGI - Ramadan perdana 1442 H di Kota Tebingtinggi tergolong minim "asmara subuh", Selasa (13/4/2021).


Amatan Gosumut.com usai subuh pukul 5.30 - 7.00, aktifitas kerumuman di sejumlah titik vital seperti Lapangan Merdeka di Jalan Sutomo Tebingtinggi terlihat begitu lengang.

Tidak ada aktifitas kerumunan di sana. Seperti biasa, hanya rutinitas warga berolahraga yang kerap terlihat memutari lapangan.

"Kita mengitari lapangan sejak pukul 05.00 tadi, enggk ada nampak kerumumunan di sudut pojokan," ujar warga mengaku bernama Randi.

Mendekati pukul.06.00 hingga pukul 06.45, beberapa remaja yang mengendarai sepeda motor mulai terlihat melintas beriringan di kawasan itu.

Jumlahnya masih terbilang minim, sekira 5-8 unit sepeda motor. Tidak diperlihatkan aksi kebut-kebutan, hanya saling bercengkrama saat saling melihat.

Beberapa area di kawasan Jalan Sudirman - Jalan A Yani pun minim dari aktifitas yang sama. Kebanyakan pengendara dari arah Stasiun Kereta Api adalah pebisnis yang hendak menuju Pasar Gambir.

Termasuk pengendara di kawasan sudirman merupakan pemakai jalan yang hendak menuju Pasar Inpres.

Mercon

Namun suara mercon memecah kesunyikan hingga membuat kaget para pengendara di kawasan jembatan di Bandar Utama.

Aksi itu terjadi di jembatan pintas penghubung antara Kelurahan Bandar Utama Pasar Sakti dengan pemukiman warga Kelurahan Berohol dan Karya Jaya.

Sembari nongkrong, sejumlah anak anak remaja membakar petasan melempar kejalan tanpa menghiraukan dampak negatifnya.

"Kaget tiba-tiba dengar suara ledakan mercon, nasib nggk ada sakit jantung, jelas kaget karena kita fokus berkendara," ucap Ratmi saat ditemui di Pasar Sakti usai melintas di jembatan itu.

Dilarang

Soal kegiatan "asmara subuh" dan "sahur on the road," Kapolda Sumatera Utara, Irjen Polisi Panca Putra telah mengeluarkan larangan aktifitas itu Ramadan 1442 H/2021.

Warga diminta agar sahur di rumah masing masing dan melaksanakan itu tanpa kerumunan.

"Asmara subuh yang umumnya dilakukan remaja usai sahur dan shalat subuh dilarang pada Ramadan tahun 2021 ini," jelas Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Polisi Hadi Wahyudi, Minggu dilansir dari INews.id.