TOBA - RSUD Porsea Kabupaten Toba rawat 4 orang pasien terkonfirmasi Covid-19. Dari jumlah tersebut, 3 dinyarakan positif sedangkan satu lainnya suspek berdasarkan hasil Rapid Anti Gen positif.

Hal ini diungkapkan Direktur RSUD Porsea dr Tommy Siahaan, Senin (5/4/2021).

Dijelaskan dr Tommi, para pasien terkonfirmasi Covid-19 saat ini telah menjalani perawatan di ruangan isolasi RSUD Porsea diantaranya RM (55) dan US (59) warga Kecamatan Balige, JH (43) warga Kecamatan Laguboti dan YS warga Kecamatan Balige.

Untuk RM dan US adalah pasangan suami istri masuk ruang isolasi Covid-19 RSUD Porsea pada 26 Maret 2021 untuk JH masuk ruang isolasi pada 29 Maret 2021 sedangkan YS (anak-anak) masuk ruang isolasi 04 April 2021 dan menunggu hasil swab TCM 2 hari ke depan (7/4/2021) dari Medan.

Dalam kesempatan tersebut, dr Tommi menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi prokes Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah dengan tetap memakai masker, rajin mencuci tangan, hindari keramaian, kurangi mobilitas serta wajib menjaga jarak sebagai langkah preventif bagi masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi.

"Tidak ketinggalan kita harus mengkonsumsi asupan gizi untuk peningkatan kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi atau dengan minum suplemen seperti vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh," ujarnya.

Sekedar mengingatkan, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Toba melalui Dinas Kominfo sebelumnya menginformasikan sejak tanggal 24 Maret Kabupaten Toba tidak memiliki pasien yang positif covid dan wilayah tersebut telah menjadi zona hijau.

Namun diakhir bulan Maret dan awal bulan April 2021 ini terdapat 4 warga yang terkonfirmasi Covid-19.

Kadis Kominfo Kabupaten Toba Drs.Lalo H Simanjuntak,M.Si yang dikonfirmasi hingga berita ini diturunkan belum memberikan jawaban yang walaupun pesan whattsapp telah dibaca.

Sementara Sekeretaris Dinas Kesehatan Sitinuraya Sirait kepada GoSumut membenarkan adanya 4 orang warga Toba yang terkonfirmasi Covid-19 dan telah menjalani pemeriksaan pemantauan serta perawatan di ruang isolasi Covid-19 RSUD Porsea.

Dinas Kesehatan Toba sebutnya, aktif melakukan pemantauan dan pengawasan kepada keluarga pasien yang serumah dan kontak langsung dengan pasien.

Oleh karenanya, Dinas Kesehatan Toba menyarankan kepada para keluarga yang sempat bersentuhan dan serumah dengan pasien supaya menjaga kesehatan dan menambah imun kekebalan tubuh serta melakukan isolasi mandiri guna menghindari paparan kepada warga lainnya serta untuk memutus rantai penyebaran dan penularannya.