PADANGSIDIMPUAN - Kebahagiaan membalut keluarga Daulay. Masjid Al Aman yang mulai dibangun 5 tahun lalu, kini telah selesai dan dapat difungsikan untuk keperluan ibadah.
Selanjutnya, H Darwin Daulay, Darwis Daulay, Abd Hakim Daulay, Rizal Daulay dan Riswan Daulay dari pihak keluarga, menyerahkan masjid tersebut kepada Tokoh Masyarakat, STM Hatobangon, Harajaon, Alim Ulama, Lingkungan I Samora Janjiraja, Sabtu (3/4/2021).

Masjid Al Aman terletak di Jalan Sidogap dogap Janji Raja, Lingkungan I Samora Janjiraja, Kelurahan Wek I, Kecamatan Padangsidimpuan, Kota Padangsidimpuan. Masjid seluas 15x20 meter (bangunan induk) ini dibangun oleh keluarga besar (alm) H. Aman Kari Sakti Daulay dan (alm) Hj. Aslamiah Lubis di lahan miliknya yang diwakafkan untuk masjid.

Al Aman berdiri kokoh dengan kubah terbuat dari seng plat stainless steel. Lantai dasar masjid dilapisi batu granit dengan dinding setinggi 6 meter tanpa tiang tengah, Pada Ruang tengah di terangi lampu hias.

Di samping kiri dan kanan masjid terdapat pula teras lapis keramik masing-masing seluas 2 meter di sepanjang bangunan induk. Juga telah disiapkan tempat wuduk berikut dua toilet untuk jemaah kaum ibu dan kaum bapak secara terpisah.

H Darwin Daulay tak dapat menyembunyikan rasa harunya. Dihadapan Alim ulama, Hatobangon, Harajaon, Tokoh Masyarakat dan pihak pemerintahan duduk bersama Masyarakat di dalam masjid menyampaikan, rasa syukurnya atas selesainya pembangunan masjid ini.

"Kami sekeluarga bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah memberi dukungan dan doa restu atas pembangunan masjid ini. Hari ini dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohiim, saya mewakili keluarga menyerahkan masjid ini kepada masyarakat. Silahkan dimanfaatkan untuk kepentingan ibadah," kata H Darwin Daulay dengan suara terharu meneteskan air mata kebahagiannya.

Hal senada dikatakan salah satu Anak laki laki H Darwin Daulay yakni Rizal Daulay, Bos Toko Pakain Jadi H D Daulay yang akrab disapa Rizal itu berharap, Masjid Al Aman dapat difungsikan sebagaimana Rasulullah SAW dahulu memfungsikan masjid.

"Kami sekeluarga membangun masjid ini dengan niat ikhlas untuk kepentingan agama. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menginfakkan sebagian rezekinya. Semoga Allah SWT membalasnya dengan pahala berlipat ganda, aamiin," kata Rizal, Pria energik yang sukses jadi pedagang pakaian Jadi.

Sementara mewakili Partukangan Masjid AL-Aman Abdul Hakim Daulay yang di dampingi Darwis Daulay mengatakan, Selama ini masyarakat lingkungan Janji Raja melaksanakan sholat di rumah masing-masing, "Mari kita sholat di masjid dan makmurkan masjid AL-Aman," Ucap adik H Darwin Daulay.

Alim Ulama Lk 1 Samora H Martua Raja Harahap dalam sambutannya mengucapkan terimaksih kepada keluarga Daulay khususnya H Darwin Daulay "Kami dari masyarakat Lk 1 Samora, mengungkapan Apresiasi yang tidak terhingga, yang telah memfasilitasi berdirinya masjid AL- Aman ini, semoga kedepan bisa di manfaatkan masyarakat banyak yang khususnya Lk 1 Samora," ungkapnya.

Ketua STM Samora A R Nurdin mengucapkan terimakasih yang sedalam dalamnya kepada Keluarga Daulay, "Semoga dengan berdirinya Masjid AL-Aman ini dapat di pergunakan beramal ibadah sekaligus dapat di pergunakan sebagai kegiatan sosial masyarakat," Sebutnya.

Lurah Wek-1 H Indra Darman Harahap, S.H dalam sambutannya, "Kami dari Pemerintahan Kelurahan Akan Siap membatu keperluan Administrasi," katanya

Penyerahan Al Aman kepada masyarakat di tutup dengan Doa bersama yang di bawakan oleh H Martua Raja Harahap.

Pantauan Awak Gosumut, Usai Penyerahan Al Aman, seluruh masyarakat yang hadir di kegiatan tersebut di hidangi makan minum sembari menunggu sholat zuhur berjamaah di Masjid Al Aman.