ASAHAN - Sebuah bangunan patung burung Garuda di Kabupaten Asahan viral di media sosial. Bangunan ini viral disebabkan patung burung Garuda yang berdiri tegak tersebut pada bagian sayap, kepala dan kaki dicat warna putih.

Hal ini membuat banyak warganet yang mempostingnya di Facebook, salah satunya pemilik akun atas nama OK Mohd Rasyid SE. Ia menguploud foto tersebut pada Selasa (30/3/2021) dengan caption 'Mudah2an ini bukan di daerah asahan??? Dan mudah2an juga bukan suatu pelecehan ya'.

Statusnya itu mengundang para warganet untuk berkomentar hingga ratusan. Sementara untuk pengguna akun Facebook lainnya juga turut mengunggah sekaligus mempertanyakan apakah hal tersebut intruksi pemerintah setempat atau dibuat tak sengaja.

Ditelusuri, Burung Garuda yang dicat putih itu disebut berada di Jalan Budi Utomo, Kisaran Timur, Asahan. Selain itu, tak ada tulisan Bhinneka Tunggal Ika pada pita yang dicengkeram burung Garuda tersebut. Burung Garuda tersebut diduga sudah dicat putih sejak dua pekan lalu.

Adanya hal tersebut, membuat warga, Wiga melapor ke polisi. Dia menilai hal itu termasuk pelecehan terhadap lambang negara.

"Baru membuat pernyataan laporan dulu, dugaan pelecehan burung Garuda yang dicat putih. Terlapornya belum ada, biar polisi yang menindaklanjuti laporan saya," ucapnya.

Dia juga menunjukkan bukti pengaduan tertulis yang telah diterima polisi. Dia menilai seharusnya burung Garuda tersebut berwarna keemasan.

"Ada yang dihilangkan dari simbol negara burung Garuda di sini, yang mencolok warnanya berubah dari kuning keemasan menjadi putih," kata Wiga.