PADANGSIDIMPUAN - Dua unit rumah di Desa Sigulang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, hancur usai ditimpa sebuah pohon besar pada Rabu (10/03/2021) kemarin.


Akibatnya, penghuni rumah terpaksa dievakuasi karena tidak sadarkan diri.

Keterangan yang diperoleh di lokasi, Kamis (11/03/2021) kejadian nahas tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 saat hujan disertai angin kencang turun dan mengakibatkan pohon yang berdiameter 1 meter dengan tinggi 15 meter tumbang dan menimpa rumah Tiamsyah Nasution (79) dan Ali Imran Nasution (58) pensiunan Sekretaris Desa Sigulang.

Kondisi rumah terparah terjadi pada rumah Tiamsyah yang rata dengan tanah begitu juga dengan kamar dan dapur rumah Ali Imran Nasution.

Usai sadarkan diri, Tiamsyah mengisahkan bahwa kejadian tersebut sangat cepat. Pada saat itu Tiamsyah usai mengambil wudhu. Sambil menunggu azan sholat maghrib, dia membaringkan diri sejenak di tempat tidur.

Tiba-tiba serasa bayangan hitam besar menindihnya saat tersentak ternyata kayu besar berada persis di atas tubuhnya. Saat itupun dia tidak sadarkan diri hingga dia dievakuasi warga.

"Alhamdulillah masih diberikan keselamatan. Ini diluar dugaan saya. Saya hanya sedikit luka lecet dan memar di punggung," ungkapnya sambil meneteskan air mata.

Hal senada juga diceritakan Ali Imran Nasution pada saat kejadian berada di kamar tidur saat itu dentuman terjadi seolah kiamat. "Alhamdulillah kami selamat, namun sempat jantungan," katanya.

Sementara itu, Camat Padangsidimpuan Tenggara, Amri Taufiq Hasibuan, turut berduka atas musibah yang terjadi. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir sekitar lima puluh jutaan," katanya.

Dia bermohon kepada masyarakat agar lebih waspada dengan keadaan cuaca saat ini. Masa penghujan akan tiba untuk itu berharap partisipasi warga membersihkan drainase masing-masing di depan rumahnya, agar tidak terjadi penyumbatan.

"Cobalah peduli dengan hati demi kenyamanan masyarakat Padangsidimpuan Tenggara," katanya.

Di tempat yang sama, Pembersihan Dilakukan Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Padangsidimpuan dibantu warga dan Polmas dan Babinsa mulai melakukan pembersihan pohon yang menimpa rumah Ali Imran Nasution dan Tiamsyah.

"Tim kita sudah di lokasi sedang memotong pohon dan membersihkan potongan pohon dari rumah terkena timpa,semoga evakuasi dapat berjalan dengan baik," kata Kalaksa BPBD Kota Padangsidimpuan Arfan Harapan Siregar.