TOBA - Bupati Toba Ir Poltak Sitorus meminta seluruh pedagang yang masih bertahan di Pasar Balairong Balige, untuk pindah secepatnya pasar sementara, Lapangan Sisingamangaraja XII Balige yang telah disediakan pemerintah.

Hal ini sebagai upaya memperlancar pelaksanaan revitalisasi pasar Balirong Balige sesuai rencana dengan menggunakan APBN tahun anggaran 2021. Pelaksanaan revitalisasi ini juga guna mendukung destinasi pariwisata Danau Toba menjadi Pariwisata Go Internasional.

Seiring hal tersebut, Bupati Toba bersama bersama Wakil Bupati Tonny Simanjuntak SE didampingi beberapa pejabat jajaran Pemkab Toba Rabu(3/3/2021) turun langsung ke Pasar Balairong Balige bersama Sat Pol PP yang dipimpin Kasat Pol PP Brostito Sianipar.

Langkah ini sebagai upaya menghimbau dan menertibkan pedagang yang masih bertahan, agar segera pindak ke pasar relokasi yang telah disediakan.

Kemudian, sekira pukul 16.00 Wib, Bupati bersama Wakil Bupati didampingi Sekda Drs Audhi Murphy Sitorus SH MSi serta diikuti para pejabat Eselon 2 dan 3 jajaran Pemkab Toba (Kepala Dinas, Kepala Badan/Kepala Bagian, Kepala Bidang dan Kepala Seksi serta para ASN lainnya) juga turun dan meninjau langsung pasar sementara Balige yang berada di lapangan Sisingamangaraja XII Balige.

Rombongan ini juga berkesempatan belanja di pasar sementara ini, dengan harapan warga juga berbelanja di pasar tersesebut.

Disebutkan Ir Poltak Sitorus kehadirannya bersama rombongan di pasar sementara ini guna memastikan pedagang menempati lapak yang telah disediakan, serta meminta mereka untuk segera pindah.

"Kepada semua para pedagang pasar yang mungkin masih ada bertahan di Pasar Balairong Balige, saya meminta dan himabau supaya pindah dan menempati lapak lapak yang sudah ada dan masih kosong," ujarnya.

Dia meminta para pedagang mendukung dan program pembangunan pasat tersebut, demi kemajuan bersama.

"Bila masih bertahan besok, akan dipindahkan dengan personil Sat Pol PP. Tapi kita tetap melakukan upaya penghimbauan karena kita tidak mau dengan upaya kekerasan. Kita harus memindahkan mereka dengan sopan dan aman supaya kondusif," imbuhnya.