MEDAN - Direksi hingga tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan mendadak gembira atas kunjungan Wali Kota Medan Bobby Nasution memantau pelayanan rumah sakit tersebut, Kamis (4/3/2021). Direktur Utama RSUD Dr Pirngadi Medan Dr Suryadi Panjaitan MKes SpPD Finasim mengatakan Bobby ke rumah sakit melihat kesiapan rumah sakit dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pasien Covid-19 yang dirawat.

Ia mengaku tidak mengetahui jadwal menantu Presiden Joko Widodo itu ke RS Pirngadi. Atas kehadiran Bobby mengunjungi sejumlah ruangan hingga ruang rawat inap pasien, pihaknya mendadak gembira.

"Tadi beliau hadir melihat pelayanan kita dan beliau minta ada beberapa hal diantaranya untuk peningkatan pelayanan, khususnya pada pasien Covid-19, supaya lebih peduli dan perhatian. Kemudian peningkatan kebersihan," katanya.

Menyahuti permintaan Bobby, pihaknya terus berusaha bagaimana masyarakat bisa merasakan bahwa RS Pirngadi itu mempunyai manfaat bagi masyarakat khususnya pasien Covid-19 yang saat ini dirawat.

"Kita akan berbenah untuk memenuhi harapan wali kota. Inikan rumah sakit pemerintah tentunya ini merupakan pelayanan publik. Kita akan berusaha bagaimana masyarakat bisa merasakan RS Pirngadi ini memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya bagi asien Covid-19 sekarang," ujarnya.

Seperti diketahui, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RS Pirngadi sebanyak 40 orang. Pada kesempatan itu juga, Suryadi curhat kondisi rumah sakit kepada Bobby Nasution dari awal menjabat sebagai Direktur Utama RSUD Dr Pirngadi Medan hingga saat ini.

"Saya sampaikan sejumlah kendala kepada beliau seperti pembayaran tagihan obat, gaji dan jasa pegawai serta kepada pihak ketiga. Itu yang utama saya tutupi pertama kali menjabat sebagai direktur. Jadi, tidak segampang yang kita pikirkan," bebernya.

Selain itu, Suryadi menyampaikan keluhan sistem rujukan berjenjang yang belum terlaksana hingga pembangunan gedung new wing yang telah diusulkan pada tahun 2019 kepada pemerintah belum ada titik terangnya.

Seperti diketahui, Pemko Medan bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) telah resmi menandatangani Perjanjian Pelaksanaan Fasilitas Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan, Rabu (7/2/2018) lalu.

Penandatangan ini dilakukan dalam rangka mendukung terwujudnya pembangunan Proyek KPBU RS Pirngadi, yang merupakan salah satu program kerja dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan tahun 2016-2021.

Kasubag Humas RSUD Dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin SH MKes MH mengaku pasca penandatanganan tersebut, saat ini di rumah sakit, sedang dilakukan penjajakan bersama pihak konsultan untuk pengembangannya.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, kata dia, pembangunan proyek pengembangan tersebut mulai akan dilangsungkan pada November 2019 mendatang. "Jadi akan dibangun new wings yang berada di Jalan Thamrin. Disitu gedung lama dibongkar, lalu dibangun gedung 7 lantai," kata Edison Perangin-angin kepada wartawan, Selasa (13/2/2018).

Disinggung insentif tenaga kesehatan RS Pirngadi, ia mengaku dalam minggu ini akan dibayarkan sama pemerintah. "Pak wali kota juga bilang pembayaran akan dicairkan dari Mei-Juli 2020, kalau memungkinkan sampai Desember 2020. Dan memang sudah diproses. Mudah-mudahan dalam minggu ini bisa cair insentif tenaga kesehatan kita," ujarnya.