ASAHAN - Bupati Asahan buka acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Kebijakan Pertambangan dan Lingkungan Hidup di Hotel Marina Kisaran, Kamis (4/3/2021).

Bupati Asahan H Surya BSc menyampaikan Pemerintah Kabupaten Asahan tetap berkomitmen untuk melestarikan lingkungan dari pencemaran sesuai dengan undang undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Pemeliharaan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Sebab salah satu faktor yang mempengaruhi hidup sehat adalah lingkungan. Untuk mewujudkan harapan tersebut, sangat dibutuhkan peran dari semua pihak.

Hal ini sebutnya, bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata tapi juga peran serta masyarakat untuk sama-sama menjaga kelestarian lingkungan, keutuhan sumber daya alam dari pencemaran lingkungan.

"Undang,-undang Dasar 1945 menyatakan bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak azasi bagi setiap warga negara, karena itu Pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat berkewajiban untuk melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan agar lingkungan hidup Indonesia dapat menjadi sumber dan penunjang hidup bagi masyarakat Indonesia," tuturnya.

Menurutnya, salah satu langkah untuk menggali dan mencari rumusan yang tepat sebagai bahan untuk menentukan kebijakan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pengamanan Lingkungan Hidup di Kabupaten Asahan adalah dengan mangadakan Focus Grup Discussion (FGD) seperti yang dilaksanakan pada hari ini.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Asahan M. Yusuf Sihotang SE MM dalam laporannya mengatakan pelaksanaan FGD ini untuk menggali dan mendapatkan rumusan dalam menentukan dan menetapkan arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Asahan dalam bidang pengelolaan pertambangan dan Lingkungan Hidup.

Kegiatan ini diikuti OPD, Kasi Pemerintahan dan Kasi PMK Kecamatan Se-kabupaten Asahan.

Adapun narasumber terdiri dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provsu diwakili Kasi Pencemaran Lingkungan Freddly Saragih SKM, Kepala UPT Kehutanan KPH Wilayah III Kisaran Wahyu SP MSi, Kadis Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan Agus Jaka Putra Gunting SH serta Kabag Perekonomian tersebut Setdakab Asahan M Yusuf Sihotang SE MM.