TOBA - Untuk meningkatkan pelayanan kelancaran aliran air bersih kepada pelanggannya, PDAM Tirtanadi Kabupaten Toba melakukan pembenahan dan perbaikan di beberapa ruas pipa saluran transmisi air bersih yang mengalami kebocoran. PDAM Tirtanadi Balige Kabupaten Balige, Senin (1/3/2021) tampak menurunkan 1 unit alat berat beko loder untuk melakukan penggalian pipa yang bocor di Jalan Negara Lintas Sumatera Laguboti - Balige.

Pipa air bersih di depan Koperasi Srdang Indah Mandiri Jalan Negara Lintas Sumatera, Desa Sibarani Nasampulu Namukkup, Kecamatan Laguboti, meluap akibat pecahnya pipa saluran tarnsmisi air bersih dari Selter induk di Kecamatan Balige ke Kecamatan Laguboti.

Bocornya pipa saluran taransmisi air bersih ditengarai, karena menipisnya tanah timbunan penutup pipa saluran akibat tergerus curahan air hujan dan aliran air hujan dari Jalan Raya disaat musim penghujan.

"Akibatnya pipa saat dilalui ternak warga desa jadi terinjak dan pecah," ungkap salah seorang warga, Olin Hutapea (49) kepada Gosumut saat dimintai komentarnya.

Kepala Cabang PDAM Tirtanadi Balige Kabupaten Toba, Afdoli kepada Gosumut saat dikonfirmasi menjelaskan, pipa transmisi air bersih bocor diketahui berkat hasil survei tim pengawasan lapangan PDAM Tirtanadi Balige berikut adanya beberapa laporan masyarakat pengguna air bersih.

"Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengecekan oleh tim survei lapangan, ditemukan di sepanjang Jalan Negara Lintas Sumatera Laguboti - Balige ada pipa transmisi yang mengalami kebocoran sebanyak 6 titik," jelasnya.

Yang paling parah, kata dia, kebocorannya tetap di ruas Jalan Negara Lintas Sumatera Medan - Laguboti - Balige tepatnya di depan kantor Koperasi Serdang Indah Mandiri berikut di Jalan Negara Desa Tambunan Kecamatan Balige.

Sukamto, pengawas lapangan jaringan pipa air bersih PDAM Tirtanadi Balige Kabuoaten Toba menambahkan, begitu mengetahui adanya kebocoran pipa air bersih di beberapa titik ruas saluran pipa air bersih, pimpinan langsung menginstruksikan tim untuk turun ke lapangan melakukan perbaikan dan harus bekerja dengan cepat untuk mengatasi kebocoran pipa.

"Untuk membantu percepatan pernaikan, kita langsung menurunkan 1 unit alat berat untuk melakukan penggalian supaya pipa yang bocor cepat diatasi dan pelanggan pengguna air bersih jangan sampai terputus salurannya ke setiap rumah pelanggan," tegas Sukamto.

Untuk melakukan perbaikan pipa bocor di 6 titik lokasi sepanjang jalan Negara Lintas Sumatera Laguboti - Balige, dikomandoi langsung Kepala Cabang Tirtanadi Balige Kabupaten Toba Afdoli bersama Kabag Jaringan PKA Fredy Gultom besama Kabag Pengawasan Pentus dan beberapa karyawan PDAM Tirtanadi Balige yang tergabung dalam tim perbaikan pipa saluran transmisi air bersih PDAM Titanadi Balige Kabupaten Toba.