TAPUT - Tiga unit rumah milik warga hanya dalam waktu satu jam hangus dilalap sijago merah. Peristiwa kebakaran ini terjadi di Dusun I Simanombut Desa Silantom Julu Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara, Rabu (24/2/2021) sekira pukul 01.00 wib dini hari.

Kapolres Taput AKBP Muhammad Saleh SIK. MM melalui Kasubbag Humas Aiptu W. Baringbing kepada wartawan membenarkan peristiwa yang menghanguskan 3 unit rumah milik; Ganda Pasaribu (60), Tohong Pasaribu (65) dan Heddi Pasaribu (50).

Lanjutnya, saat kebakaran terjadi, ketiga pemilik rumah masih tertidur lelap. Peristiwa kebakaran diketahui, saat itu salah satu korban pemilik rumah, Ganda Pasaribu terbangun berniat ke kamar mandi.

Saat itu, dia melihat rumahnya di bagian dapur telah terbakar. Melihat hal tersebut, sontak ia bergegas membangunkan seluruh anggota keluarganya sambil menjerit minta tolong.

Mendengar teriakan korban, para warga tetangganya berdatangan dan membangunkan pemilik rumah di sebelah kiri dan kanan rumah korban karena berdekatan, sembari para warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Warga yang berusaha memadamkan api, namun api dengan cepat merambat menjalar ke rumah tetangga sebelah kiri dan kanan korban.

Berdasarkan keterangan saksi korban dan beberapa warga sekitar kejadian,sumber api pertama bersal dari rumah Ganda Pasaribu tepatnya di tengan-tengah dari tiga rumah yang terbakar.

Cepatnya api melahap ke 3 rumah sampai hangus dan rata dengan tanah karena fisik bangunan rumah terbuat dari kayu yang sudah tua dan kering. Ketiga rumah hangus dilalap si jago merah hingga rata dengan tanah tanpa ada barang yang sempat terselamatkan.

Ditegaskan Baringbing dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada menelan korban jiwa untuk kerugian materil di perkirakan ratusan juta rupiah. Sementara tim forensik dari Mako Polres Taput turun ke lokasi, melakukan pemeriksaan dan penyelidikan penyebab peristiwa terjadinya kebakaran tersebut