ASAHAN - Dunia perguruan tinggi saat ini sedang mengalami perubahan yang cukup cepat, kita tidak dapat menutup diri dari dinamika dan perkembangan global, perkembangan peradaban manusia sangat dipengaruhi kemampuan masyarakat dalam menguasai Ilmu Pengetahuan dan teknologi.
"Di sinilah pentingnya peran perguruan tinggi, sebagai pusat unggulan (Center Of Exellent) dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas," sebut Bupati Asahan, H. Surya saat menghadiri pelantikan Rektor Universitas Asahan (UNA) di Aula FKIP Universitas Asahan, Rabu (17/2/2021).

Adapun yang dilantik sebagai Rektor adalah Prof. Dr.Drs.H. Tri Harsono, MSi masa bakti 2021-2025 yang dilantik oleh Ketua Yayasan Universitas Asahan Drs. H. Mapilindo.

Lebih lanjut H. Surya mengatakan, perkembangan Perguruan Tinggi dipengaruhi banyak faktor, antara lain ketersediaan sarana dan prasarana Pendidikan, Kurikulum, Dosen, Staf Adm. Disamping itu juga yang sangat menentukan adalah management dan leadership dari pimpinan Perguruan Tinggi, utamanya adalah Rektor.

Bupati juga menyampaikan harapannya agar pelantikan pada hari ini menjadi momentum bagi seluruh jajaran Universitas Asahan untuk menyamakan Visi Kedepan guna menjadikan UNA ini menjadi Universitas yang berkualitas dan memiliki daya saing Global.

“Saya Minta agar segenap Civitas Akademika Universitas Asahan untuk melakukan konsolidasi dan membangun komunikasi dengan semua pihak demi mencapai tatakelola dan manajemen perguruan tinggi yang sehat, transparan dan akuntabel,” harap H. Surya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, H. Surya mengucapkan Selamat kepada H. Tri Harsono atas dilantiknya menjadi Rektor Universitas Asahan periode 2021–2025. "Semoga dengan pelantikan hari ini dapat menciptakan perubahan yang lebih baik bagi UNA kedepan tentunya dengan dukungan dan kerjasama yang konstruktif dengan Civitas Akademika dan Yayasan UNA" ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Universitas Asahan Drs. H. Mapilindo, MPd berharap agar Rektor prieode ini bisa menjadi momentum untuk kemajuan UNA yang lebih baik kedepan.

Lebih lanjut Mapilindo berpesan kepada Rektor UNA yang baru untuk menjadikan UNA ini menjadi Universitas yang unggul di Sumatera Utara yang pada akhirnya nanti bisa menjadikan salahsatu universitas negeri di Sumatera Utara.

"Masyarakat Kabupaten Asahan juga sangat berharap agar UNA bisa menjadi Universitas Negeri. Saya yakin hal itu dapat terwujud, ditambah lagi adanya dukungan penuh dari Pemkab Asahan," tutupnya.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Kepala LL Dikti Sumut, Prof.Dr.Ibnu Hajar, MSi, OPD Asahan terkait dan Civitas Akademika UNA.