SAMOSIR - Sesuai rilis perkembangan kasus infeksi Covid-19 yang diterima oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Samosir dari Dinas Kesehatan setempat, angka positif corona di Samosir terus naik dan hari ini, Selasa (9/2/2021), hingga pukul 14.00 Wib, tambah 7 kasus baru.


Berikut rinciannya:

1. Suspek (nihil)
2. Probable (1 orang)
3. Positif aktif (49 orang)
4. Sembuh (95 orang)
5. Meninggal dunia (7 orang).

Secara kumulatif, jumlah kasus infeksi Covid-19 di Kabupaten Samosir sudah mencapai 151 kasus.

Ini data 7 warga Samosir yang menambah jumlah terpapar positif aktif:

1. LT (72) laki-laki, tanggal kasus (6/2/2021), warga Desa Cinta Maju, Kecamatan Sitiotio, jalani isolasi mandiri.

2. KDSS (15) laki-laki, tanggal kasus (5/2/2021), warga Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan, jalani isolasi mandiri.

3. TN (38) perempuan, tanggal kasus (5/2/2021), warga Kelurahan Pintu Sona, Kecamatan Pangururan, jalani isolasi mandiri.

4. VAS (38) perempuan, tanggal kasus (5/2/2021), warga Desa Parsaoran I, Kecamatan Pangururan, jalani isolasi mandiri.

5. FAPS (25) laki-laki, tanggal kasus (5/2/2021), warga Kelurahan Pasar Pangururan, Kecamatan Pangururan, jalani isolasi mandiri.

6. L.Sb (27) perempuan, tanggal kasus (5/2/2021), warga Kelurahan Pintu Sona, Kecamatan Pangururan, jalani isolasi mandiri.

7. B.Si (36) laki-laki, tanggal kasus (6/2/2021), warga Desa Parlondut, Kecamatan Pangururan, jalani isolasi mandiri.

Ini data warga terpapar positif aktif yang sudah sembuh setelah menjalani isolasi mandiri:

1. BS (63) laki-laki, warga Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian.

2. EM (37) perempuan, warga Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan.

3. SS (30) perempuan, warga Kelurahan Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo.

4. APJ (14) laki-laki, warga Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo.

5. R.Sl (76) perempuan, warga Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo.

Warga yang meninggal dunia yaitu, A.Am (63) laki-laki, warga Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, meninggal dunia di RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Pangururan.

Atas meninggalnya salah satu pasien positif, gugus tugas Covid-19 Samosir menyampaikan turut berdukacita kepada keluarga yang ditinggalkan dan kiranya diberikan Tuhan penghiburan dan tetap tabah menghadapi dukacita itu.

Dan mencermati perkembangan yang ada, terutama pertambahan kasus harian yang terus meningkat, gugus tugas Covid-19 Samosir mengimbau masyarakat Samosir untuk mempertimbangkan ulang dalam melaksanakan acara sukacita yang berpotensi terjadinya transmisi.

Serta untuk acara dukacita, masyarakat dihimbau agar lebih memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat agar tidak terjadi penyebaran yang lebih luas lagi.

"Dalam beberapa hari ini, gugus tugas Covid-19 tetap memantau laporan para epidemiolog terutama laporan kesembuhan dari warga yang terkonfirmasi positif aktif. Kita berharap angka kesembuhan tetap mengimbangi angka kasus konfirmasi positif aktif harian pada hari-hari mendatang.

Mari tetap dukung upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19 dengan tetap melakukan protokol kesehatan terutama pada tempat-tempat kerumunan terbuka atau tertutup," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sekaligus juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara.