DELI SERANG - Pelaku jambret, Didi Pratama (23) babak belur dihajar massa, Selasa (9/2/2021).

Warga Jalan Industri Dusun I, Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang ini menjadi amukan masyarakat karena sepeda motor Honda Vario BK 4205 AJH yang dikendarainya terjatuh usai merampas ponsel milik Lasma Dermita Br Hutapea (21) penduduk Dsn V Desa Huta Godang Muda, Kecamtan Siabu, Kabupaten Madina.

Kapolsek Tanjung Morawa, AKP Sawangin Manurung SH mengatakan, peristiwa penjambretan ini bermula saat korban berangkat dari kosannya di Gang Irama menuju ke tempat kerja sambil bermain ponsel.

"Di saat itu lah, tiba-tiba pelaku datang dari arah depan dengan mengendarai motor Honda Vario langsung merampas telepon seluler dari genggaman tangan korban," ujar Sawangin.

Atas kejadian itu, sebut Sawangin korban yang tidak rela barang berharga hilang dibawa begitu saja lantas berteriak minta tolong sekencang-kencangnya.

"Teriakan korban mengudang perhatian warga dan kemudian mengejar pelaku yang kabur setelah berhasil merampas ponsel," sebut mantan Kanit Lantas Polsek Percut Sei Tuan, Polrestabes Medan ini.

Naas, lanjut Sawangin menjelaskan, pelaku mengendarai sepeda motornya terjatuh lantaran gugup dikejar oleh banyak massa.

"Usai terjatuh dari motor, massa yang geram dengan aksinya tanpa buang waktu lama menghujani pukulan bertubi-tubi sampai babak belur. Beruntung, nyawa bersangkutan selamat usai Unit Reskrim datang ke lokasi kejadian mengamankan dan membawa ke Polsek Tanjung Morawa," jelasnya.

Dari kasus ini, kata Sawangin, pihaknya mengamankan barang bukti berupa sepeda motor Honda Vario digunakan pelaku saat beraksi serta ponsel rampasan.

"Pelaku sudah dijebloskan ke sel tahanan guna menanggung perbuatannya," pungkasnya.