ASAHAN - Sebanyak 4.440 vaksin sinovac Covid19 telah tiba di Kabupaten Asahan. Vaksin tersebut ditempatkan pada ruang khusus di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan Jalan Kelapa Gading, Kisaran, Senin (1/2/2021).


Dalam penjemputan dilakukan pengawalan khusus dari TNI Polri hingga tiba dengan keadaan baik.

Bupati Asahan, H. Surya BSc menjelaskan selain vaksin, ada juga diterima sejumlah alat kesehatan pendukung seperti safety box, alkohol swan dan sebagainya.

"Kami ada terima 4.440 vaksin. Kondisinya saat ini cukup baik. Selain itu, ada juga kami terima sejumlah alat kesehatan pendukung lainnya seperti safety box, alkohol swab, injeksi, alat suntik dan peralatan medis lainnya," kata Bupati Asahan H Surya kepada sejumlah wartawan.

Lebih lanjut Surya menjelaskan, seluruh vaksin ini pada hari Rabu, 3 Februari mendatang akan mulai didistribusikan kepada seluruh petugas kesehatan yang ada di 29 Puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Asahan. Kemudian pada tanggal 5 Februari giliran pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Asahan (Forkopimda).

"Termasuk itu Bupati, Kapolres, Dandim, Ketua DPRD, anggota dewan serta tokoh masyarakat, setelah nanti melalui prosedur yang berlaku. Sebab ada tim medis dari Dinas Kesehatan yang menentukan bisa tidaknya seseorang itu diberi vaksin atau tidak," katanya seraya berharap hadirnya vaksin ini lebih jauh bisa memberikan manfaat kepada masyarakat paling tidak mengurangi laju pertumbuhan covid-19 di Asahan.

Sementara, data dihimpun dari rekapitulasi sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Asahan yang diambil dari tim survelians Gugus Tugas Asahan hingga tanggal 1 Februari 2021 telah terdapat 538 kasus terkonfirmasi positif, 71 orang diantaranya masih dirawat, 437 orang sembuh dan 30 orang meninggal dunia.