SIBOLGA - Dalam upaya pemberantas peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Kota Sibolga, bersama dengan seluruh lapisan masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, pemerintah daerah (Pemda) dan TNI/Polri.

Khususnya Polres Kota Sibolga dibawa kepemimpinan Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, berhasil mengubah mindset masyarakat Kelurahan Angin Nauli, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga kearah yang positif dan terhindar dari narkoba.

Salah satunya berhasil mengubah tempat sabung ayam dan peredaran narkoba di areal perbukitan di Kelurahan Angin Nauli, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolgamenjadi objek wisata di Kota Sibolga, menjadi objek wisata.

Objek wisata ini memiliki pamandangan alam yang asri, air yang sejuk dan udara yang segar membuat nilai jual tersendiri. Apalagi tempat tersebut tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Kota Sibolga.

Objek wisata tersebut adalah pemandian air pegunungan Marangi diresmikan Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, Kamis (21/1/2021). Acara ini dihadiri seluruh jajaran Polres Kota Sibolga.

AKBP Triyadi mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, Polres Kota Sibolga gencar melakukan pengerebekan di lokasi tersebut. Namun, hal itu tidak menimbulkan efek jera, bahkan sebelumnya juga sering dijadikan arena judi sabung ayam dan tempat peredaran narkoba serta obat-obatan terlarang.

Namun sambungnya, setelah dilakukan sosialisasi, pembinaan bersama pemerintah kelurahan setempat kepada pemilik lahan tentang potensi yang dapat menggunakan lahan menjadi suatu peluang usaha dengan menghasilkan pemikiran yang produktif.

"Mungkin tempat ini tidak asing lagi bagi masyarakat Kota Sibolga, semua orang sudah tahu bahwa tempat ini sarang narkoba. Setelah diberikan arahan dan petunjuk kepada pemilik lahan tentang bahayanya narkoba dan sabung ayam. Alhamdulillah, pemilik mengubah tempat ini menjadi tempat wisata. Ini suatu kebanggaan bagi kami khususnya dari Polres Sibolga, dan masyarakat sini," ujar Triyadi.

"Yang namanya narkoba kita tidak akan kasih kendor. Bagi masyarakat Kota Sibolga tidak usah takut lagi datang ke sini. sekarang tempat ini suda berubah menjadi tempat objek wisata.Silahkan nikmati pemandangan yang indah di Sibolga Julu, lokasi Pemandian Marangin)," sambungnya.

Lurah Angin Nauli, Utjok Manalu berterimkasih kepada masyakarat Sibolga Julu, tokoh masyarakat, Pemerintah Kota Sibolga dan Kapolres Kota Sibolga, terkhusus pemilik lahan Marangin yang telah berkenan mengubah tempat sabung ayam dan tempat peredaran narkoba menjadi tempat objek wisata.

"Dengan adanya wisata pemandian Marangin semoga ke depannya dapat merubah penilaian buruk terhadap tempat ini," ujarnya seraya mengajak masyarakat Sibolga untuk berkunjung ke lokasi Permandian Marangin.

Pemilik lahan, sekaligus pengelola pemandian Marangin, Diris Hutagalung menyebutkan ide mengubah tempat tersebut menjadi objek wisata pemandian dikarenakan lokasinya yang strategis.

Diris Hutagalung mengatakan, dulunya tempat ini diperuntukkan untuk sabung dan peredaran narkoba. Namun masyarakat yang resah, kemudian melapor ke Polres Sibolga sehingga tempat ini digerebek langsung Kapolres Kota Sibolga.

"Setelah saya berpikir panjang dan dilakukan perundingan bersama keluarga dan masyarakat, puji Tuhan sekarang tempat ini sudah dirubah menjadi tempat yang bermanfaat, semoga ke depanya citra buruk yang timbul di mata masyarakat dapat berubah ke arah yang baik," ucap Diris.