SIMALUNGUN - Dinas Perindustrian dan Perdangangan Kabupaten Simalungun merevitalisasi Pekan (Pasar) Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan.


Amatan GoSumut, revitalisasi pasar tersebut telah selesai dikerjakan pihak rekanan, namun tampak belum ada aktifitas para pedagang hingga saat ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Simalungun Harmedin Saragih ketika dikonfirmasi mengatakan sumber dana revitalisasi pasar tersebut dari Kementerian Perdangangan RI.

Saat disinggung terkait serah terima dengan para pedagang, Harmedin menyebutkan masih dikonsultasikan dengan pihak kementerian.

"Terkait serah terima dengan para pedagang masih kami konsultasikan dengan pihak kementerian bagaimana tehknisnya, "ungkap Harmedin, Selasa(5/1/2021).

"Kalau bantuan dari Kementerian harus dihibahkan dulu baru bisa dipakai dengan catatan kalau daerah setempat bisa menarik Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun boleh juga digunakan (dipakai) tetapi selama belum dihibahkan retribusinya tidak boleh ditarik,"jelas Harmedin.

Disisi lain, sejumlah pedangang berharap agar pasar tersebut segera diserahterimakan kepada para pedagang.

"Kalau boleh secepatnyalah diserah terimakan dengan kami para pedangang, supaya kami dapat berdagang kembali seperti dulu," ujar Seperti diungkapkan Boru Sinaga yang diamini pedagang bermarga Marpaung.

Untuk diketahui, pada plank proyek revitalisasi pasar Dolok Panribuan melalui Dinas Perindag Simalungun, disebutkan sumber pembangunan pasar tersebut dari dana Tugas Pembantuan (TP) Kementerian Perdangan RI, dengan nilai kontrak Rp2,2 milliar dengan penyedia jasa CV.Elfarida Corporation.