KISARAN - Pasca keracunan massal di Dusun I dan Dusun III, Desa Punggulan Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Sekdakab Asahan Drs. Jhon Hardi Nasution MSi, bersama anggota DPRD Fajar Priyanto, Kadis Kesehatan, Kasat Pol PP dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan.mengunjungi korban yang dirawat di RSUD HAMS Kisaran, Kamis (10/12/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan Asrul Wahid menyebutkan kejadian keracunan massal yang menimpa warga masyarakat Dusun 1 dan Dusun 3 Desa Punggulan Kecamatan Air Joman berawal dari acara wirid Yasin di rumah salah satu warga. Kemudian setelah selesai acara, masing-masing warga kembali ke rumah dengan membawa makanan dan minuman yang disajikan ahli bait untuk dikonsumsi.

Selanjutnya sekira sekitar pukul 18.00 Wib, warga yang mengkonsumsi makanan tersebut secara bertahap mulai merasakan mual dan muntah-muntah. Hingga akhirnya dibawa ke Puskesmas Binjai Serbangan dan sebagian dibawa ke RSUD HAMS Kisaran untuk mendapatkan perawatan.

Lebih lanjut Asrul menjelaskan jumlah korban yang menjalani perawatan hingga saat ini mencapai 79 orang, terdiri dari anak-anak dan orang dewasa. Sebanyak 37 orang dirawat inap di Puskesmas Binjai Serbangan, 5 orang dirawat di RSUD HAMS Kisaran dan 37 orang rawat jalan. Jumlah ini diperkirakan bisa bertambah karena masih terus dilakukan pendataan.

Mendapat laporan terjadi keracunan massal di Kecamatan Air Joman, Bupati Asahan langsung menginstruksikan Sekdakab Asahan Drs. Jhon Hardi Nasution, MSi untuk segera meninjau kondisi para korban dan berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk dilakukan tindakan secara cepat dalam penanganan para korban keracunan.

Setelah mendapat instruksi tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan langsung meninjau korban di RSUD HAMS bersama anggota DPRD, Kadis Kesehatan, Kasat Pol PP dan Kepala BPBD untuk memastikan korban mendapat penangan dan perawatan dengan baik.

Jhon Hardi juga menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan agar berkoordinasi dengan Puskermas Binjai Serbangan agar penanganan para korban keracunan mendapat perawatan sebaik-baiknya dan segera dilakukan pemeriksaan penyebab terjadinya keracunan massal tersebut.