MEDAN - Tim dosen Universitas Sumatera Utara (USU) yang diketuai DR Ir Mariati Sinuraya, MSc, bersama Ir Thomson Sebayang, MT dan DR Ir Hotnida Sinaga, M PhiL, sebagai anggota tim, didampingi beberapa orang mahasiswa, melalui Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) USU, pada tanggal 12 September 2020 telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Puskesmas Medan Labuhan, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Medan.

DR Ir Mariati Sinuraya, MSc mengatakan, kegiatan pengabdian yang berjudul “Implementasi Protokol Kesehatan Dalam Rangka Pencegahan Penularan Covid-19 Di Puskesmas Medan Labuhan” ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan dengan semakin meningkatnya jumlah para nakes yang terpapar virus corona. Jumlah paramedis yang meninggal dunia ketika bertugas menangani pasien covid juga terus bertambah.

Petugas medis menjadi garda terdepan untuk menghadapi pandemi virus Covid-19. Semakin banyak masyarakat yang terinfeksi virus corona, semakin berat perjuangan para pahlawan medis tersebut. Tingginya angka penularan dan kematian yang menimpa para tenaga kesehatan sudah sangat menghawatirkan. Setiap hari mereka bertemu dengan pasien dan banyak orang di rumah sakit. Tingginya angka risiko terhadap tenaga kesehatan disebabkan, antara lain, oleh faktor lama terpapar dan jumlah paparan virus. Faktor tersebut diperparah dengan kelangkaan APD. Tanpa alat pelindung diri yang memadai, mereka sangat berisiko tertular virus dari pasien atau sebaliknya menularkan virus kepada orang lain yang datang berobat ke rumah sakit.

Melihat kondisi demikian, tim dosen USU bersama Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat USU, juga ingin berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa penyerahan bantuan alat pelindung diri (APD) ke salah satu Puskesmas yang ada di kota Medan yaitu Puskesmas Medan Labuhan, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Medan.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi dukungan kepada para pahlawan medis yang berada di Puskesmas tersebut, untuk meminimalkan dampak terpaparnya mereka dari virus-copid-19," katanya.

Bentuk dukungan tersebut berupa penyerahan bantuan baju APD gaun, masker KN95, dan handscoon yang diterima langsung oleh Kepala Puskesmas dr Heva Julietta Sinaga, M Kes beserta beberapa orang stafnya.

“Bantuan yang diberikan memang tidak seberapa, tapi setidaknya dengan kegiatan ini kami ingin menunjukkan bahwa kami peduli kepada petugas medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19,” kata Dr Ir Mariati.

Dalam sambutannya, Kepala Puskesmas Medan Labuhan, dr. Heva Julietta Sinaga, M Kes, sangat mengapresiasi penyerahan bantuan yang diberikan dan menyatakan rasa terimakasihnya kepada Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat USU dan Tim Dosen USU yang sudah memilih Puskesmas Medan Labuhan sebagai penerima bantuan Baju APD Gaun, masker KN 95 dan handscoon tersebut.

Menurut Dr Mariati, dukungan dari masyarakat dapat membangkitkan semangat para medis di seluruh rumah sakit, khususnya di Puskesmas yang yang tidak pernah sepi dari kunjungan pasien yang berobat. "Seluruh masyarakat dapat mengambil peran untuk menyokong perjuangan pahlawan medis ini, tidak masalah sebesar apapun itu, terlebih bantuan yang dapat mengurangi terpaparnya mereka akan virus covid-19 ini," katanya.