DELISERDANG-Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin sumbang 110 ribu benih ikan di Desa Punden Rejo, Kecamatan Tanjungmorawa, Deliserdang.

110 ribu benih tersebut disumbangkan oleh Kapolda dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Sedangkan benih yang terdiri dari berbagai jenis ikan tersebut diserahkan oleh orang nomor satu di Mapolda Sumut ini saat meresmikan Kampung Paten Desa Punden Rejo, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Kamis (26/6/2020).

Selain menyumbangkan benih ikan, Kapolda Sumut yang didampingi oleh Bupati Deliserdang Anshari Tambunan, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi SIK dan Kepala Desa Punden Rejo juga menyerahkan bantuan berupa 1 ton pupuk, pompa tangki disinfektan 10 unit, wastafel portabel 650 unit dan bilik disinfektan sebanyak 2 unit.

Nantinya, bantuan yang diberikan diharapkan mampu bermanfaat untuk masyarakat Desa Punden Rejo guna menambah penghasilan keluarga dan pembangunan desa wisata.

Kapolda Sumut mengatakan ini merupakan kali ketiganya meresmikan kampung paten yang mana pertama di Samosir dan kedua di Tanah Karo. "Paten berarti hebat dan tangguh. Kami sematkan ke Desa Punden Rejo untuk membantu mengantisipasi dan memutus mata rantai Covid-19," ujar Kapolda Sumut.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda juga mengapresiasi Desa Punden Rejo karena telah memiliki posko, tempat isolasi mandiri serta dapur umum dengan memanfaatkan dana desa yang tersedia untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Selain itu, menurut Kapolda, meski di tengah pandemi Covid-19, Desa Punden Rejo tetap produktif dan inovatif menciptakan desa wisata atau desa sawah namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. "Saya bangga dan memberi acungan jempol untuk seluruh masyarakat desa Punden Rejo yang tetap produktif dan kreatif. Semoga desa-desa yang kami kunjungi menjadi pilot project untuk seluruh wilayah Sumut. Kami tentunya mendukung penuh pemerintah kabupaten maupun kota mewujudkan masyarakat produktif bebas Covid-19," katanya mengakhiri.