TOBA-Kepala Desa Nauli Parlaungan Siagian sebelum,acara ke0ada Gosumut.com mengatakan, desa Nauli terdiri dari 7 dusun yakni Dusun 1 Siahaan Toruan, Dusin 2 Siahaan Dolok, Dusun 3 Baribatali, Dusun 4 Panjaitan Tambunan, Dusin 5 Siahaan Gompar tanduk dan Siahaan Parhuta, Dusun 6 Lumban natihar dan dusun 7 Datu Horbo dan memiliki luas lahan pertanian sawah 180 Ha.

Kadis Ketapang Marsarasi Simanjuntak, menyampaikan tujuan dilaksanakannya panen raya di desa Nauli sebagai bentuk ucapan rasa syukur dan suka cita atas capaian hasil panen padi sawah di bulan Desember 2019 s/d Januari 2020 yang biasa di sebut musim tanam padi sawah dan pada bulan Oktober - Maret sudah melakukan musim Panen dengan capaian hasil yang baik.

Lanjutnya untuk varietas padi sawah yang ditanam oleh masyarakat vritas Arias dengan usia tanam sampai musim pannen 180 Hari (+_ 6 Bulan tahun berjalan).

Untuk luas musim panen di bulan Mei s/d Juli 2020 di Kabupaten Toba 12.286 Ha, khusus di Kecamatan Sigumpar 1.124 Ha dan Desa Nauli 180 Ha. "Padi sawah yang di panen pada panen raya di desa Nauli merupakan hasil ubinan yang dilakukan Badan Pusat Statistik, Dinas Pertanian dan Perikanan, PPLdan Kelompok Tani dengan capaian hasil Produktifitas 8,17 Ton/Ha untuk produktifitas rata rata di tingkat Kabupaten Toba 6, 12 Ton/Ha," terang Kadis Ketapang.

Plt. Kadis Pertian Jerri Silaen menyampaikan, pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan dalam acara Panen Raya dan Rembug Tani Desa Nauli, oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Toba menyerahkan bibit jagung Pioner 32 (P32) kepada 8 Kelompok Tani desa Nauli.

Bibit jagung diberikan kepada 8 Kelompok Tani sebanyak 120 Kg yang akan dibagikan kepada 8 Kelompok Tani.tujuannya untuk pengembangan dan peningkatan sumber ekonomi masyarakat desa dari pertanian dan Kebun.

Disampaikannya, pada acara panen raya di desa Nauli sekaligus juga di gelar Rembuk Tani untuk program pelaksanaan pertanian lanjutan di lokasi lahan pertanian padi sawah setelah selesai musim panen padi.

Dalam Rembug Tani disepakati masyarakat setelah selesai musim panen akan melaksanakan pertanaman jagung di lahan sawah kering.ini sebagai sarana produksi tambahan usaha pertanian masyarakat tahun 2020 sebagai upaya peningkatan dan penambahan ekonomi masyarakat desa.

Hadir dalam acara Bupati Toba Ir.Darwin Siagian dan Wakil Bupati Ir.Hulman Sitorus, MM bersama Ketua TP. PKK Ny.Brenda Ritawati Darwin Siagian dan wakil Ny. Iin Ruliah Hulman Sitorus, Kepala BPS Kab.Toba Wenlis Purba, di dampingi Kadis Kominfo Drs. Lalo H Simanjuntak, M.Si, Plt.Kadis Pertanian Jerri Silaen, Kapolsek Silaen Aptu Rdi H Tampubolon, SH, Kadis Perindakop Tua Pangaribuan, Camat Sigumpar Jaga Situmorang, SE.