TEBINGTINGGI-Para jurnalis yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, menggelar bakti sosial dengan membagikan masker kain gratis kepada warga, Jumat (10/04/2020).

Kegiatan membagikan masker gratis ini dimulai dari Lapangan Merdeka kota Tebing Tinggi, dilanjutkan ke Pasar Kain di Jalan MT Haryono dan Jalan Letjen Suprapto.

Ketua PWI Kota Tebing Tinggi, Abdullah Sani Hasibuan, mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam mendukung himbauan pemerintah untuk memakai masker sebagai upaya meminimalisir penyebaran pandemi Covid-19 khususnya di Kota Tebing Tinggi.

PWI bersama IJTI Kota Tebing Tinggi rencananya akan membagikan 2000 lembar masker kain kepada para pengemudi becak motor, pedagang di pasar tradisional dan pengendara yang melintas tanpa memakai masker.

"Kita akan menyiapkan 2000 lembar masker kain, namun karena terhambat proses pembuatan maka tahap awal kita telah membagikan 250 lembar masker gratis. Kita berharap warga mematuhi imbauan pemerintah terkait memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Abdullah Sani.

Sementara itu Koordinator IJTI Wilayah Kota Tebing Tinggi, Catur Hariono, menjelaskan kegiatan ini digelar atas dasar keprihatinan melihat masih banyak warga yang tidak peduli dengan imbauan pemerintah terkait pemakaian masker.

"Masih banyak kita lihat warga yang beraktifitas di luar ruangan tanpa menggunakan masker sebagai pelindung diri. Padahal pemerintah sudah mengimbau warga untuk tetap menggunakan masker baik yang sehat maupun yang sakit selama pandemi Covid-19,” jelas Catur.

Salah seorang pengendara, Sari Ramadona Sinaga, warga Kelurahan Mekar Sentosa, Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi, merasa senang diberi masker gratis.

"Baru kali ini ada wartawan bagi-bagi masker, semoga abang-abang wartawan tetap sehat beraktifitas dan warga patuh akan imbauan pemerintah,” harapnya.