LHOKSEUMAWE-Anggota komisi IV DPR RI Muslim,SHI,MM dan rombongan meninjau produksi pupuk organik Hanasa di Desa Blang Pohroh, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Pupuk organic tersebut dikelola petani yang tergabung dalam wadah Hanasa Riset & Bisnis Center (HRBC) tersebut sudah dilakukan beberapa kali demplot untuk petani padi di Aceh Utara dan hasilnya menjanjikan.

Dalam kesempatan tersebut Muslim didampingi Ketua HRBC Luthfi S Sufi meninjau langsung lokasi produksi pupuk organik dikawasan pedalaman Aceh Utara. “Komisi IV yang membidangi pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan, perikanan, kehutanan, lingkungan hidup dan Bulog, siap membantu program kerakyatan terutama sector pertanian, terutama soal pupuk organik yang sedang dikembangkan oleh kelompok tani di Aceh Utara,” sebutnya.

Pupuk organic Hanasa yang dikelola oleh HRBC, urainya, sangat prospektif, oleh karena itu, tambah Muslim penuh harap agar dirinya di komisi IV bisa dimanfaatkan oleh petani di Aceh Utara. “Mari kita kerjasama dan manfaatkan saya di komisi empat ini agar bisa bermanfaat untuk orang banyak. Tentunya dengan program yang terkait agar ada yang bisa saya bawa pulang ke Aceh Utara,” terangnya.

Dalam kesempatan itu HRBC juga menghadirkan kelompok tani binaan saat kunjungan kerja anggota komisi IV Muslim diantaranya Poktan Anugerah Tani dari Buket Jrat Manyang, Panton Labu, Poktan Pula Sejahtera dari Panigah, Kecamatan Muara Batu, Seuramoe Tani, dari Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe serta koptan Tani Cempaka dari Kabupaten Bener Meriah.

Peninjauan anggota komisi IV DPR RI tersebut, sekaligus ingin membuktikan bahwa pupuk organic Hanasa diproduksi oleh kelompok tani kreatif. “Ternyata benar di Aceh Utara sudah ada produksi pupuk organic Hanasa, dan Insya Allah komisi IV akan mensupport program pupuk organic ini,” jelasnya.

Sementara itu Ketua HRBC Luthfi S.Sufi didampingi Taufiq, menjelaskan selama ini produksi pupuk organic Hanasa sudah dilakukan uji coba dan demplot disejumlah area pertanian di Aceh Utara dan hasilnya sangat memuaskan, baik untuk demplot tanaman padi maupun holtikultura.

“Hasilnya bagus, bahkan produksi pertanian setlah dipupuk dengan Hanasa organiknya hasilnya lebih lumayan, dibandingkan dengan pupuk non organic,” sebutnya.