PALUTA-Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap,S.STP.M.Si secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tiwatul Quran (MTQ) Ke XI yang ditandai dengan pemukulan bedug yang telah disiapkan oleh panitia Kamis (12/3/2020) di lapangan Kantor Kecamatan Simangambat.

Kegiatan pembukaan MTQQ Ke XI Kabupaten Paluta itu tampak dihadiri seluruh pimpinan Forkopimda Kabupaten Paluta beserta seluruh pimpinan OPD Paluta dan unsur pemerintahan lainnya.

Ketua LPTQ Kabupaten Paluta H.Burhan Harahap yang juga diketahui sebagai Sekdakab Paluta ini melalui Ketua Harian LPTQ Paluta Sarifuddin Harahap mengatakan bahwa kegiatan itu diikuti Khalifah dari 12 Kecamatan Se-Kabupaten Paluta.

Selain Sekdakab,tampak juga hadir Kejari Paluta,Waka Polres Tapsel mewakili Kapolres Tapsel,Dandim 0212/Tapsel,Kepala Kemenag Paluta dan seluruh pimpinan OPD Kabupaten Paluta.

Sekdakab Paluta H.Burhan Harahap selaku ketua panitia pelaksana kepada GOSUMUT menjelaskan kegiatan yang akan dipertandingkan dalam acara MTQ Ke XI di Simangambat itu meliputi perlombaan Tilawah Tartil,Tilawah anak-anak,Tilawah Remaja,Tilawah Dewasa,Qira’at Al-Qur’an Murattal Remaja dan dewasa.

Selanjutnya perlombaan Qira’at Mujawad dewasa,Tahfizh Qur’an 1 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 5 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 10 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 20 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 30 juz dan tilawah, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khattil Qur’an Naskah, Khattil Qur’an Hiasan Mushaf, Khattil Qur’an Dekorasi, Tafsir Qur’an Bahasa Arab, Tafsir Qur’an Bahasa Indonesia, Tafsir Qur’an Bahasa Inggris dan menulis makalah Al-Qur’an.

Dalam kesempatan itu,Andar berharap kiranya seluruh peserta lomba agar bertanding secara sportif dan profesional.

"Saya berharap kiranya peserta perlombaan dapat bertanding secara sportif dan profesional."