TOBASA-Dalam rangka persiapan perayaan HUT Kab.Toba Samosir ke - 21 Tahun 2020 di ruang rapat panatapan rumah Dinas Bupati Kab.Toba Samosir Jumat, 06/03/2020 menggelar konfrensi Pers oleh Bupati bersama dengan Sekda Kab.Tobasa Drs, Audhi Murphi,SH, M.Si Ketua umum Panitia perayaan HUT Kab.Tobasa Ke 21 tahun 2020.

Dalam temu pers hadir mendampingi Bupati dan Sekda, Kadis Kominfo Drs.Lalo H Simanjuntak,M.Si, Kadis Kesehatan dr.Juliwan Hutapea, Kadis Sosial dr.Rajaipan Sinurat, Kadis Dukcatpil Drs. Bonar Butarbutar, Kadis PMD dan PPA Hendri Silalahi,SE,M,Si, Kabag Humas, Robinson Siagian. Kabag Tapem Lahsa Manullang, SSTP dan Staf Ahli Darwin Sianipar.

Disampaikan Bupati, masyarakat perlu mengetahui bahwa berdasarkan PP No.14 Tahun 2020 Tentang Perubahan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba,telah resmi berganti nama menjadi Kabupaten Toba yang sudah ditanda tangani oleh Presiden Ri Ir.Jokowidodo tanggal 24 Februari 2020 di Jakarta serta Kab.Toba dalam perayaan HUT nya yang ke 21 tahun 2020 mendapat kehormatan menerima rencana kunjungan tamu negara dari Kerajaan Belanda (Raja dan Ratu Belanda) di Kab.Tobasa Kamis, 13/03/2020 untuk mengunjungi beberapa spot pariwisata di Danau Toba dan situs budaya bersejarah di Kabupaten Toba dan Kabupaten Samosir.

Ditegaskan Bupati, hadirnya Raja dan Ratu di Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit disambut oleh Menko Maritim dan Menteri Parekraf Wisnutama, Kapolda Sumut dan para pejabat Tinggi Daerah lainnya dengan pengawalan ketat dari SOP Paspampres RI.

Sekdakab Tobasa Drs.Audi Mrphi Sitorus, untuk perayaan HUT ke 21 tahun 2020 di bulan Maret 2020 Kab.Tobasa mendapat kado istimewa dari Pemerintah Pusat dengan persetujuan dan ditqndatanginya oleh Presiden RI Peraturan Pemerintah tentang pergantian Nama baru Kabupa6ten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba dan pada tanggal 14 maret di acara puncak perayaan HUT akan diadakan penannda tanganan prasasti nama Kabupaten yang baru "Kabupaten Toba" oleh Mendagri Tito Karnavian.

Untuk memastikan kelengkapan Perayaan HUT pada 09 Maret akan diadakan Paripurna Istimewa Perayaan HUT Pemkab Toba Samosir. Dalam Rapat sidang Paripurna istimewa nanti akan hadir perwakilan Mendagri untuk penyerahan SK pergantian Nama Pemerintah Kab.Tobasa.

Pada 10 Maret berbagai kegiatan lomba akan diadakan guna memeriahkan HUT.perlombaan renang digelar di Kolam renang TB ,Silalahi Pagar Batu Balige dan perlombaan solu di Danau Toba Siregar Aek Nalas, hari kamis (12/3) pembukaan pameran pembangunan di lapangan Sisingamangaraja XII dari berbagai isntasi, UKM, usaha Kuliner dan hari itu juga akan diadakan Ground Opening pembukaan Labersa Hotel dan Convention Center yang direncanakan akan dibuka dan di diresmikan oleh Menteri Pariwisata Wisnutama dan Menko Maritim Luhut B Panjaitan.

Pada tanggal 13 Maret Pemkab Tobasa akan menerima kunjungan Kepala Negara Kerajaan Belanda Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima di Kab.Tobasa.Raja dan Ratu akan berkunjung ke lokasi wisata Bukit Singgolom Kecamatan Tampahan dilanjukan ke desa Siambat Dalan Tampahan, usai dari ke 2 lokasi wisata berangkat ke Universitas DEL Laguboti untuk program Seminar penggunaan dan pemanfaatan Sumber daya Air.

Diketahui Rombongan Raja Belanda membawa 35 orang diantaranya Investor, Jurnalis dan Tenaga Ahli Sumber Daya Air dari Eropa, usai seminar Raja dan Ratu beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata Silimba Lombu Kabupaten Samosir.

Setelah dari Silima Lombu rombongan melanjutkan perjalanan ke Parapat menuju Hotel Inna Parapat dan melanjutkan perjalanan ke Bandara Kuala Namu untuk bertolak kembali ke negaranya meninggalkan Indonesia.

"Dengan kehadiran Raja William Alexander dan Ratu Maxima untuk hari pekan (Onan) Balige yang bertepatan pas dengan kedatangan Raja dan Ratu Belanda beserta Rombongan tidak diubah supaya Raja dan Ratu Belanda beserta rombongan melihat keadaan dan suasana sebenarnya akan keberadaan situasi pasar tradisional Baliga Kab.Toba Samosir," ungkap Sekda.

Ditegaskan Sekda, Pada acar puncak Sabtu 14 maret diawali dengan pelaksanaan acara ibadah kebaktiandilanjutkan dengan pameran devile hasil pembangunan dari tiap desa setiap Kecamatam berupa Seni Budaya, Hasil Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan.

Pada saat acara puncak akan dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Kab.Tobasa, Anggota DPRD Propinsi Sumut Dapil Tobasa dan juga anggota DPR RI yang wilayah Dapilnya Kab.Tobasa serta di rencanakan juga akan dihadiri oleh Komisaris Utama Pertamina Ahok.di puncak acara dilanjutkan dengan pembukaan selubung pergantian nama baru dari Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba "Selamat Datang Kabupaten Toba".

Untuk rencana pergantian dan perubahan logo Pemkab Toba oleh Pemerintah Kabupaten akan mengadakan sayembara lomba pembuatan Logo Pemkab Toba dan akan dipilih pemenangnya untuk ditetapkan menjadi logo resmi Pemkab Toba.