SERGAI - Ketua Forum Daerah Usaha Kecil Menengah (Forda UKM) Provinsi Sumatera Utara, Sri Wahyuni Nukman mengapresiasi Forda UKM Sergai yang dikomandoi H Ahmad Dai Robbi bersama Sekretarisnya Iwan Tirta.

"Saya sangat mengapresiasi kawan-kawan Sergai untuk semangat dan kebersamaannya. Selama ini kita bersama dalam menyelesaikan masalah dan saling mendukung. Karena seyogyanya kita tidak bisa sendiri," ungkap Sri, Selasa (3/3/2020) malam dalam silaturahmi dengan Forda UKM Sergai sembari menyerahkan kartu keanggotaan di Restoran Simpang Tiga Sergai.

Berbicara mengenai kartu anggota, Sri mengucapkan Alhamdulillah bahwa sudah ada sebanyak 37 kartu keanggotaan tahap awal yang akan dibagikan sebagai tanda bergabungnya pelaku UKM di keanggotaan Forda UKM.

Selain akan terus melakukan pembinaan dan advokasi terhadap pelaku UKM agar lebih eksis lagi, ke depan Sri akan melakukan terobosan agar kartu keanggotaan nantinya bisa dibuat sebagai kartu ATM, bisa tarik tunai.

"Cara penggunaan kartu anggota, mungkin ke depan kita bisa kerjasama dengan salah satu bank. Jadi nanti bisa saja kartu jadi tarik tunai. Tapi ada persyaratan yang harus kita tempuh," jelasnya.

Di sisi lain, Sri yang di dampingi Ketua Presidium Forda UKM Sumut, So Tjan Pheng, berharap Forda UKM Sergai bisa menjadi pilot project untuk daerah lain.

"Kita harap seperti itu. Jadi kabupaten/kota lainnya bisa memanage anggota seperti yang dilakukan Forda UKM Sergai. Jadi Forda kita di Sergai bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya," harapnya.

Untuk itu, Sri kembali berharap, kartu keanggotaan ini tidak disalahgunakan.

"Kartu ini adalah sebagai bukti kita anggota dari Forda UKM. Jika ada masalah, jangan takut, kita di Forda saling mendukung dan menyemangati, karena kita adalah satu," ucapnya menyemangati.

Kepada Ketua Forda UKM Sergai, Sri berpesan agar nantinya bisa mandiri untuk lebih memajukan organisasi ini.

"Kita harap Forda UKM Sergai bisa mandiri ke depannya," tutupnya.

Menjawab itu, H Ahmad Dai Robbi menerangkan, bukannya mereka tidak mau mandiri, namun mengingat berbagai hal termasuk menyikapi bagaimana menyelesaikan masalah secara bijak, makanya dirinya harus banyak belajar.

"Maka sementara ini kami mau belajar dulu, nanti kalau sudah bisa, kami akan berusaha untuk mandiri," singkatnya.

Sementara itu, di hadapan para pengurus dan anggota Forda UKM Sergai, Presidium Forda UKM Sumut, So Tjan Peng berbagi pengalaman selama bergabung di Forda UKM Sumut.

"Di sini kita akan mendapatkan banyak pengalaman bagaimana menghadapi sesuatu itu dan selalu mendapat dampingan," ungkap So Tjan Peng berbincang dengan awak media usai pertemuan.

Dia pun menceritakan bagaimana peran pengurus Forda UKM dalam mendampinginya ketika ada sesuatu persoalan.

"Kita tidak sendiri. Ada banyak masukan yang bisa kita ambil ketika kita bergabung di forda ini. Semuanya turut menyemangati dan berperan untuk menyelesaikan persoalan kita," tutupnya.

Usai silaturahmi, pertemuan yang dihadiri lebih dari 40 pengurus dan anggota Forda UKM Sergai, diakhiri dengan foto bersama dengan Ketua Forda UKM Sumut Sri Wahyuni Nukman dan Ketua Presidium Forda UKM Sumut So Tjan Pheng.