TOBASA-Dunia Pariwisata Kabupaten Toba Samosir dalam pelayanan jasa perhotelan untuk para wisatawan untuk mendukung perkembangan Destinasi Pariwisata Danau Toba menuju Monaco of Asia Hotel dengan diresmikan hotel Kelas bintang empat yang didirikan oleh seorang pengusaha sukses dari Pekan Baru yang merupakan putra daerah kelahiran Hutahaean Laguboti Toba Samosir.

Sabtu, (29/2/2020) H.W Hutahaean Presiden Direktur sekaligus pemilik PT.Labersa Hutahaean yang berpusat di Pekan Baru - Riau sekaligus pemilik tunggal Labersa Toba Hotel & Convantion Center dan Toba Fantasi (Water Park) melaksanakan Soft Launching Ceremony Labersa Toba Hotel & Convantion Center serta Toba Fantasi (Water Park) yang berdiri dan beroperasi di desa Sariburaja Janji Maria Tampubolon Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir.

Hadir dalam acara Soft Launching Ceremony Labersa Toba Hotel & Convantion Center serta Toba Fantasi (Water Park) di hadiri langsung oleh Bupati Toba Samosir Ir.Darwin Siagian, Sekda Kab.Tobasa Drs. Audhi Murphy Sitorus, SH,M.Si, Ketua DPRD Toba Samosir Efendi Napitupulu,SE, mantan Bupati Toba Samosir pertama Drs.Sahala Tampubolon, mantan Bupati Tobasa ke 3 Kasmin P Simanjuntak, Kapolres Tobasa AKBP.Agus Waluyo, SIK, Mewakili DANDIM 02.10 TU DANRAMIL 12 Balige Kapt. Inf. P. Pardede, Camat Balige Pantun J Pardede,S.STP,Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Tobasa Ir.John Piter Silalahi, Asaisten 3 Parlindungan Siregar dan beberapa pejabat Uspida Kab.Toba Samosir lainnya.

Ketua DPRD Toba Samosir Efendi P Napitupulu,SE dalam sambutannya menyampaikan, Kab.Tobasa saat ini adalah sudah menjadi salah satu tujuan wisata Nasional dan Internasional.

Untuk itu sudah merupakan tanggung jawab kita bersama untuk memdukung program pemerintah pusat yang menjadikan Danau Toba super prioritas untuk di kembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang bertaraf internasional.

Lanjut Efendi, DPRD Kabupaten Toba Samosir mendukung dan mengapresiasi penuh atas berdiri dan beroperasinya Labersa Toba Hotel & Convantion Center serta Toba Fantasi (Water Park) yang di lounching hari ini untuk menerima dan memberikan jasa pelayannnya kepada tamu dari dalam Negeri dan Luar Negeri untuk menikmati pariwisata Danau Toba.

Dengan keberadaan Hotel ini dapat dipastikan akan mengurangi pengangguran dengan menampung tenaga kerja lokal (putra/i daerah) untuk menjadi karyawan Hotel dalam berbagai bidang pekerjaan.ungkap Ketua DPRD Efendi Napitupulu.

Bupati Tobasa dalam sambutannya menyampaikan, dengan selesainya pembangunan Labersa Toba Hotel & Convention Center serta Toba Fantasi dan dilaksanakannya pada hari ini Soft Launching Ceremony sebagaai awal pembukaan dan peresmian untuk beroperasinya Labersa Toba Hotel & Convention Center serta Toba Fantasi.

Labersa Toba Hotel & Convention Center serta Toba Fantasi yang dibangun oleh PT.Labersa Hutahean resmi mulai beroperasi dalam pelayanan jasa perhotelan pariwisata Danau Toba Kab.Tobasa setelah di Lounching hari ini.dampaknya akan meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat Tobasa dalam dunia Pariwisata.

Dengan keberadaan Labersa Toba Hotel & Convention Center serta Toba Fantasi di Kab.Tobasa tentunya akan menjadi daya tarik bagi para wisatwan untuk datang berkunjung atau berdarma wisata di Kabupaten Toba Samosir karena hotel yang bertaraf internasional telah berdiri berikut dengan berbagai fasilitasnya yang memadai dan mumpuni.

Sebelumnya Camat Balige Pantun J Pardede,S.STP menyampaikan, dengan keberdirian Hotel ini menjadi sebuah tonggak sejarah baru serta menjadi pemacu peningkatan perekonomian masyarakat Kab.Tobasa secara khusus warga Kec.Balige.

Gedung pencakar langit yang berdiri kokoh dan megahnya di desa Janji Maria Sariburaja Tampubolon ini adalah Hotel Bintang Empat pertama di Kab.Tobasa bahkan di kawasan Tapanuli Raya ini.dengan kehadirannya menjadi salah satu fasilitas elit yang bertaraf Internasional mendukung pengembangan pembangunan destinasi pariwisata Danau Toba demi kamjuan dan kemakmuran masyarakat Toba Samosir.

Kepala Bagian Humas Labersa Toba Hotel & Convention Center serta Toba Fantasi Gomal Oppusunggu saat di komfirmasi di lokasi acara Launching Ceremony menjelaskan, Labersa Toba Hotel & Convention Center berdiri dengan 8 Tingkat 9 Lantai dengan menyerap tenaga kerja Ratusan orang yang direkrut dengan mengutamakan tenaga kerja dari putra daerah setempat (Kabupaten Toba Samosir).

Lanjutnya hotel ini memiliki berbagai fasilitas yang berkelas diantaranya 3 Metting Room, 1 Convention Center/Ballroom dengan kapasitas 1000 orang berikut 152 unit kamar berbqgai tipe (Kelas) diqntaranya Superior Room 5 Kamar, The Lux Room 112 Kamar, Junior Sweet 6 kamar, Sweet Toba 17 kamar, Royal Sweet 11 Kamar dan Presiden Sweet 1 kamar lengkap dengan berbagai fasilitasnya yang bertaraf Nasional dan International.

Ditambahkannya, acara hari ini adalah awal pembukaan untuk beroperasinya Hotel dalam pemberian jasa pelayanan perhotelan kepada para tamu dan wisatawan.untuk acara peresmiannya di rencanakan diresmikan pada bulan April 2020 yang akan datang.