Home >  Berita >  Peristiwa

Sekda Langkat Luncurkan Minyak Goreng Berkalsium Pertama di Dunia

Sekda Langkat Luncurkan Minyak Goreng Berkalsium Pertama di Dunia
Senin, 20 Januari 2020 13:51 WIB
Penulis: Zul Marbun
STABAT - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Langkat Dr. H. Indra Salahuddin, Ahad (19/1/2020) di arena pameran hari jadi Kabupaten Langkat ke-270 di Stabat meluncurkan Minyak Goreng sehat berkalsium organik pertama di dunia hasil inovasi dari Dosen dan Peneliti FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) Khalifah Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si M.Si bersama Dosen FISIP USU Dr. Dara Aisyah.

Minyak Goreng sehat berkalsium organik tersebut merupakan pencampuran minyak goreng sawit dengan kalsium organik dari tulang ikan sehingga minyak goreng tersebut menjadi rendah lemak dan bebas dari kolesterol, hasil gorengan lebih krispi dan lezat. Minyak tidak menghitam waktu menggoreng dan cocok untuk program diet.

Sekda Langkat yang berkesempatan langsung mengunjungi stand komunitas Go Eco Health Tourism (GEHAT) pimpinan Dr. Tengku Yohanita Sp.THT-KL tempat dipajangnya berbagai produk inovasi dari limbah pesisir di arena pameran hari jadi Kabupaten Langkat merasa bangga dengan hasil inovasi Tim Peneliti Komunitas Go Eco Health Tourism (perkumpulan penggiat wisata kesehatan berwawasan lingkungan).

"Ini perlu didukung semua pihak termasuk masyarakat luas karena produk-produk inovasi Kalsium organik ini sangat sehat dan halal," ujar Sekda seraya berharap kepada Komunitas Go Eco Health Tourism terus berkarya untuk Indonesia maju dan sejahtera.

Ads
Terkait Rencana Induk Pariwisata Langkat 2020-2025 dan hubungannya dengan program Komunitas Go Eco Health Tourism, kata Sekda Dr. H. Indra Salahuddin diharapkan bisa disinergikan untuk saling mendukung sebagaimana tertuang dalam dokumen Grand Design Pariwisata dan Kebudayaan tahun 2020-2025.

Sekda Langkat juga berharap, kedua dokumen tersebut dapat dituangkan menjadi Perda pada tahun ini, sehingga perencanaan dan pembangunan pariwisata di Langkat memiliki pedoman yang terukur dan terarah.

Kiranya nantinya, sambung Sekda, setelah menjadi Perda, semua OPD di Langkat dapat ikut serta mengimplementasikan kedua dokumen tersebut, agar semua rencana terlaksana dengan baik. Tentunya dengan melibatkan berbagai pihak termasuk Komunitas Penggiat Eco Health Tourism untuk mendukung dan memajukan pariwisata Kabupaten Langkat ke depan.

Sekda Langkat menjelaskan, Perda tersebut merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian serta pengelolaan dan memanfaatkan kekayaan alam, dan meningkatkan PAD serta perekonomian masyarakat lokal termasuk perekonomian masyarakat pesisir Kabupaten Langkat yang juga menjadi fokus perhatian Komunitas Go Eco Health Tourism.

Kunjungan Sekda Langkat ke stand Go Eco Health Tourism (GEHAT) diselingi foto bersama dengan sang inventor Kalsium Organik dari tulang ikan Khalifah Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si M.Si.*** Teks foto: Sekda Langkat Dr. H. Indra Salahuddin (dua kanan) saat berkunjung ke stand Go Eco Health Tourism (GEHAT) berkesempatan foto bersama dengan sang inventor Kalsium Organik dari tulang ikan Khalifah Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si M.Si (dua kiri pakai lobe) dan sang innovator pemberdayaan masyarakat pesisir yang juga Dosen FISIP USU Dr. Dara Aisyah.*
www www