PALAS-Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap (TSO) secara simbolis meresmikan lima Kecamatan Baru hasil pemekaran diwilayah Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Kegiatan peresmian sekaligus pelantikan Camatnya berlangsung di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Kamis ( 31/12/2019.) dihadiri tokoh pemekaran kecamatan dan tokoh masyarakat dari masing -masing kecamatan yang dimekarkan.

Adapun Kecamatan yang secara simbolis diresmikan adalah Kecamatan Barumun Baru, ibu kotanya HasahatanJulu, Kecamatan Ulu Sosa Ibu kotanya Hapung, Kacamatan Sosa Timur Ibu kotanya Tanjung Ale, Kecamatan Sosa Julu , ibu kotanya Hurung Jilok dan terakhir Kecamatan Barumun Barat, Ibu kotanya Gading.

Prosesi peresmian kecamatan baru dirangkai dengan penanda tanganan Prasasti ke lima kecamatan baru oleh Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap disaksikan Forkopimda.

Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) meyampaikan, pelantikan sekaligus peresmian kecamatan ini menjadi catatan hari bersejarah bagi kecamatan baru hasil pemekaran dipenghujung tahun 2019.

Kata TSO, dengan bertambahnya lima kecamatan baru hasil pemekaran ini ssbagai upaya mewujudkan Kabupaten Palas, beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan bebudaya(Bercahaya ) dan mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat dengan baik.

Lebih dari itu, lanjut TSO, upaya peningkatan pelayanan kepada publik khususnya masyarakat dapat ter kendali sehingga kinerja pemerintahan berjalan dengan maksimal sesuai dengan harapan masyarakat.

TSO menambahkan, selama ini jarak tempuh untuk sampai dikecamatan cukup jauh khususnya masyarakat yang berada di pelosok desa .Dengan adanya kecamatan baru ini tentu masyarakat semakin dekat dengan pelayanan di berbagai sektor.

"Baik sektor pelayanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan sandang pangan serta sektor lain yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat dapat terlayani dengan baik sesuai tujuan pemekaran kecamatan," ungkap TSO.

"Harapan kita bersama nantinya Kecamatan baru akan mampu berkontribusi mendorong keberhasilan pembangunan di kabupaten Palas khususnya dan Provinsi Sumatera Utara umumnya, "harap Bupati.

Prosesi peresmian di hadiri,Wabup Palas drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu C.Ht MM M. Si, Waka Polres Palas Kompol KP Pulungan, Ketua DPRD Palas Amran Pikal Siregar dan anggota, Sekda Palas Arpan Nasution S.Sos, pinpinan OPD, Forkopimda,Ketua MUI Palas dan Camat se Kabupaten Palas.*