PALAS-Program Corparate Sisbility Reponsif (CSR) PT Sumatera Sylva Lestari (SSL)Kabupaten Padang Lawas (Palas) menyalurkan program pemberdayaan dalam bentuk program ekonomi kepada masyarakat di sekitar wilayah kegiatan operasional perusahaan tahun 2019.

Program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk bantuan anak itik petelur jenis Mojosari dan bibit ikan mas dengan tujuan desa sasaran seperti Desa Bonting Julu, Kecamatan Huristak dan Desa Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun telah menerima bantuan tersebut dari pihak perusahan.

Kegiatan lain sebagai bentuk kepedulian dan perhatian perusahaan yang bergerak.dibidang Hutan Tanam Industri (HTI) juga telah menyerahkan bantuan peralatan olahraga serta pembentukan masyrakat peduli api (MPA) di Desa Siali Ali, Kecamatan Lubuk Barumun.

"Untuk program ekonomi masyarakat di Desa Bonting Julu, telah menyerahkan sebanyak 1000 ekor itik bessrta pakannya seberat 900 kg yang diterima pengurus Karang Taruna desa ," kata PR PT SSL Andika Andri ,Selasa (31/12/2019).

"Bantuan bibit ikan mas sebanyak 8000 ekor beserta jaring dan pakannya diserahkan kepada kelompok pembudidaya ikan di Desa Pasar Latong," terang Andika.

Menurut Andika, pemberian bantuan bibit ikan mas maupun itik diberikan sebagai upaya pencapaian target produksi sekaligus memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan masyarakat sebagai usaha sampingan selain kegiatan bertani.

Tujuan dan arah program perikanan,lanjut dia , menjadikan Desa Pasar Latong sebagai salah satu sentra pengembangan ikan tawar yang dibudidayakan oleh masyarakat untuk Kabupaten Padang Lawas.

"Munculnya program budidaya ikan air tawar maupun itik petelur yang menjadi usulan kelompok tani, sebelumnya pihak perusahaan melakukan kajian desa dengan melihat potensi sumber daya alam dan ketersedian air serta peluang pemasaran, untuk pengembangan usaha yang dapat menopang peningkatan ekonomi masyarakat," ungkap Andika.

Ia menambahkan, selain program pemberdayaan masyarakat, PT SSL juga telah melakukan pembinaan terhadap masyarakat ssbanyak 15 orang untuk upaya pencegahan kebakaran hutan di Desa Siali -Ali.

"Pembentukan masyarakat peduli api (MPA) di Desa Siali -Ali diberikan pelatihan sekaligus dikukuhkan agar membangun sinergitas dan kerjasama mendukung program perusahaan dalam upaya mencegah kebakaran lahan dan hutan," sebut Andika.

Beberapa program pemberdayaan masyarakat yang bersifat peningkatan ekonomi masyarakat akan terus dilakukan pihak perusahaan PT SSL di tahun 2020 ini.*