TOBASA-Perayaan Natal Oikumene Pemerintah,Gereja dan Masyarakat Kabupaten Toba Samosir 2019 dilaksanakan di Lapangan Siaingamangaraja XII Balige Minggu, 29/12/2019.

Perayaan Natal Pemkab Tobasa bersama Gereja dan Masyarakat dengan thema Natal Nasional yang telah ditetapkaan oleh Persatauan Gereja Indonesia (PGI) "Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang". Yohannes 15 : 14 - 1.dimeriahkan dengan sub thema "kelahiran Yesua Kristus mempersatukan kita dalam persaudaraan untuk meningkatkan SDM Unggul demi memajukan wisata Danau Toba yang lebih ramah,bersih dan bersahabat menuju masyarakat Toba Samosir sejahtera".

Pengkotbah pada perayaan Natal oleh Pdt.Dr.Bonar Napitupulu (Emeritus Ephorus HKBP) dalam khotbahnya menyampaikan, "marilah kita hidup rukun dan bersahabat dengan sesama kita umat manusia dalam berbagai keberagaman dan perbedaan kita karena kita adalaah sama di hadapan Tuhan dan tidak ada perbedaan derejat di hadapan Nya. Hendaknya gereja gereja harus bisa berdamai dan harus bersaudara serta hiduplah kita dalam damai dengan persaudaraan pada setiap orang (umat). Untuk mewujudkan ini hendaknya kita harus jadi "sahabat Yesus" sebagaiamana Yesus telah menyelamatkan dunia dan umat manusia dari belenggu maut dan dosa," ungkapnya.

Pesta perayaan Natal di pimpin Ketua Panitia Natal Sekrtaris Derah (Sekda) Kab.Toba Samosir Drs. Audi Murphy O Sitoris, SH, M.Si, turut di hadiri Pareses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan Pdt.Donda Simanjuntak,S.Th,mewakili Tokoh Masyarakat Sabam Simanjuntak, hadir mewakili Kapolres Tobasa Kabag Ops Kompol Efendi Sinaga, Bupati Toba Samosir Ir.Darwin Siagian, Wakil Bupati Ir.Hulman Siagian, M.Si, Para Kepala Dinas, Kabag, Kaban, Kabid dan Kasi,Para Camat,Lurah,Kepala Desa, Kepala Sekolah SD, SMP se Kab.Tobasa.Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama, Tokoh Pemuda.

Ketua Panitia Natal Drs. Audi Murphy O Sitorus, SH, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, perayaan Natal ini adalah bagian spritual ke imanan bagi umat kristiani. "Dengan perayaan natal ini akan terjalin pershabatan yang erat, rukun dan damai tanpa memandang perbedaan, suku, ras, bahasa dan agama dan tetap satu di dalam Kasih Kristus," imbuhnya.

Lanjut Sekda sebagai Ketua Panitia Natal, Perayaan Natal mengadakan hiburan lucky draw bagi warga pada pesta perayaan Natal dengan hadiah hiburan Lucky Drow berkat kerjasama dengan PT.INALUM, PT.TPL,Tbk, beberapa pengusaha, Pimpinan Perusahaan BUMN dan BUMD.

Pdt Donda Simanjuntak,S.Th mewakili para Pendeta memaparkan dengan perayaan Natal bersama tahun 2019 ini kita akan hidup dalam damai sejahtra Kasih Karunia Kristus dengan berbagai keberagaman kita. "Hendaknya janganlah perbedaan membuat jurang pemisah diantara kita sesama umat, tetapi hiduplah kita sebagai sahabat bagi semua orang dengan keberagaman kita,"ucapnya.

Mewakili Tokoh Masyarakat Sabam Simanjuntak memberi kata sambutan. "Marilah kita bersinergi dan bersatu dalam berbagai perbedaan untuk menuju masyarakat Tobasa yang lebih maju dan sejahtera menuju "Tobasa Hebat 2021". Hendaknya kedepan kita harus bisa merajai zaman dan jangan kita yang dirajai dan dikuasai oleh zaman itu."

Lanjutnya, kedepan supaya pemkab Tobasa menambahkan anggaran dana biaya untuk sosialisasi pariwisata Danau Toba. "Karena untuk pengembangan pariwisata Danau Toba harus dengan penggalakan sosialisasi kepada masyarakat khusisnya masyarakat pinggiran kawasan Danau Toba untuk pemahaman Kebersihan,Keindahan dan Kerapihan akan pariwisata Danau Toba.

Mewakili Forkopimda oleh Ketua PN Balige Paul Marpaung dalam sambutannya memberi harapan. "Dengan semangat Natal tahun 2019 ini kita akan semakin meningkatkan ketentraman dan kedamaian hidup dalam bermasyarakat yang bersahabat dalam berbagai keberagaman,"imbuhnya.

Bupati Tobasa Ir.Darwin Siagian bersama dengan wakil Bupati Ir.Hulman Sitorus,M.Si menyampaikan,dengan semangat natal tahun 2019 marilah kita tetap hidup berdampingan dalam keberagaman dan berbagai perbedaan kita,karena itulah kekayaan yang tak terhingga dapam Nusantara kita.

Lanjut Bupati, untuk pembangunan pariwisata Danau Toba tetap berjalan sesuai program pembangunan Nasional dengan Anggaran Dana +_ Rp.4 Trilliun.

Disampaikan Bupati, Untuk Kab,Tobasa pada tahun 2020 akan berubah nama menjadi Kab.Toba bukan lagi Kabupaten Toba Samosir. "Nama baru Kabupaten ini akan di lounching pada bulan Maret 2020 di saat perayaan HUT Tobasa. Serta Tobasa akan kedatanagan tamu istimewa dari Belanda yakni Raja Belanda dengan rombongannya pada Januari 2019," tegas Bupati.*