MEDAN - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Sumut memeriahkan perayaan hari ibu, Kamis (19/12/2019) kemarin. Kegiatan ini sebagai upaya mengapresiasi para ibu, karena memiliki peran yang sangat kompleks dalam keluarga. Hal ini diungkapkan Ketua Iwapi Sumut, Hj Rosna Siregar, disela-sela peringatan Hari Ibu yang dirangkai dengan pengajian yang dihadiri anggota Pengajian Muslimah D'Palazz.

"Seperti kata pepatah sebutnya, sebuah negara akan baik jika wanitanya baik. Ini disebabkan peranan seorang ibu yang kompleks yang dimulai dari rumah tangga," jelasnya.

Menurut Rosna, peran ibu sangat besar dalam keluarga. Hal ini bisa dilihat dari mulai hamil, yang harus sayang terhadap calon bayi, bagaimana dia menjaganya agar bisa lahir dengan sempurna.

"Bagaimana agar tumbuh kembangnya juga baik. Bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah seperti yang diharapkan," ujarnya.

Kemudian, sambungnya, seorang ibu juga memiliki peranan penting saat mendidik anak-anaknya, baik dalam pendidikan formal maupun informal.
"Bagaimana rasa kasih sayang diberikan pada anak, dan peranan seorang ibu, lebih dominan menjadi pendidik yang baik dalam rumah tangga," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hj Rosna yang di dampingi Ketua panitia, Hj Dina Eldelina menambahkan, peringatan hari ibu yang jatuh pada 22 Desember ini juga untuk sebagai silaturahmi dan memperkokoh persatuan sesama anggota. Karenanya, peringatan tersebut digelar dengan beragam perlombaan seperti bernyanyi lagu pilihan tentang ibu, lomba busana muslimah dan lomba membuat nasi goreng aneka resep.

Sementara, Ustadzah Hj Yusrah Djalil dalam tausyiahnya menekankan pentingnya menghargai orangtua dan sanak keluarga, termasuk dalam menyelesaikan permasalahan antar anak dan orangtua.