Ratusan Cakades di Nisel Ikuti Deklarasi Damai Pilkades 2019

Ratusan Cakades di Nisel Ikuti Deklarasi Damai Pilkades 2019
Sejumlah pejabat Nisel saat menandatangani deklarasi damai Pilkades serentak 2029
Rabu, 30 Oktober 2019 12:47 WIB
Penulis: Halawa
NIAS SELATAN - Ratusan Calon Kepala Desa (Cakades) dari 10 Kecamatan di Kabupaten Nias Selatan, mengikuti deklarasi damai Pilkades serentak Tahun 2019 di Lapangan Orurusa Telukdalam, Rabu (30/10/2019).Deklarasi tersebut yang diragkaikan dengan upacara, bertindak sebagai inspektur upacara, Kapolres Nisel, AKBP I Gede Nakti Widhiarta dan komandan upacara, Iptu Sahrial Sirait.

Hadir saat itu Bupati Nisel, Hilarius Duha, Danlanal Nias, Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Anggota DPRD Nisel, Memoris Fau, Danramil 12/Telukdalam, Kapten P Sihombing, Kadis PMD, Albert Duha, sejumlah Camat dan undangan lainnya.

Ada 6 poin deklarasi damai yang dibacakan oleh salah seorang perwakilan Cakades, Teopinus Laia yaitu, sepakat mewujudkan Pemilihan Kepala Desa Tahun 2019 yang berkualitas di tingkat Kabupaten Nias Selatan berazaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, damai serta menjunjung tinggi sportivitas dalam berkompetisi.

Ads
Selanjutnya, mewujudkan harmonisasi dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Nias Selatan baik dalam kehidupan beragama, politik, ekonomi, sosial dan budaya baik sebelum, selama dan sesudah pemilihan Kepala Desa Tahun 2019.

Point berikutnya yakni, para Cakades senantiasa tunduk dan patuh kepada peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkades Tahun 2019 serta akan menjaga keamanan dan ketertiban dalam setiap kegiatan Pilkades Tahun 2019 dan mengharapkan massa pendukung untuk menaati peraturan yang berlaku.

Lalu, menyelesaikan masalah yang terjadi sesuai dengan peraturan serta menghindari segala bentuk kekerasan, intimidasi dan provokasi untuk meraih kemenangan, tidak melakukan praktek jual beli suara, manipulasi suara dan penyuapan kepada pemilih dan penyelenggara pemilihan dalam bentuk apapun dan terakhir menghormati dan menerima hasil Pemilihan Kepala Desa Tahun 2019.

Kapolres Nisel, dalam arahannya mengatakan, deklarasi damai ini bertujuan untuk menyatukan pikiran dan membuat kesepakatan bersama agar para Cakades mempunyai komitmen bersama untuk mewujudkan situasi yang aman damai.

"Semoga pemilihan Kepala Desa ini nantinya berjalan aman dan damai," harapnya.

Calon Kades, sebutnya, harus mampu mengendalikan diri dan mampu menciptakan situasi kondusif karena Calon-Calon Kades merupakan Calon pemimpin dan teladan ke depan.

"Saya harapkan juga kepada para Calon Kepala Desa agar berkompetisi dengan baik, mampu mengendalikan pendukungnya untuk tidak mengkonsumsi minuman keras saat pemilihan. Karena itu dapat memicu kericuhan serta mampu menjaga kondusifitas," pintanya.

Ia juga berharap kepada para panitia kepala desa supaya netral dalam pelaksanaan Pilkades 2019.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Politik, Sumatera Utara, Nias Selatan
www www