TOBASA - Sekitar 200an massa yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda Kecamatan Ajibata - Parapat, melakukan aksi demo ke kantor PT Aquafarm Nusantara (PT AN) di Kecamatan Ajibata, Kabupaten, Toba Samosir, Selasa (15/10/2019) lalu sekira pukul 11.00.

Kehadiran massa yang terdiri dari Pokdarwis Marsada Jaya, Organisasi Kepemudaan Pemuda Pancasila (PP) Ajibata-Parapat, Karang Taruna, Masyarakat dan Naposo Bulung Ajibata, menuntut supaya PT AN transparansi akan penyaluran Dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Aksi unjuk rasa di jalanan ini mendapat pengawalan pihak Kepolisian Resort Toba Samosir. Para pendemo memberhentikan beberapa truk PT AN yang bermuatan ikan.

Para demonstran akhirnya diajak berdialog perwakilan PT AN yang dimediasi aparat kepolisian dan TNI.

Ryan Sirait selaku kordinator aksi dalam rapat mediasi menuntut supaya PT Aquafram Nusantara (PT. AN) harus transparan terkait penyaluran dana CSR-nya.

"Karena sudah 21 tahun berdiri di daerah ini, tak pernah dirasakan masyarakat kewajiban CSR perusahaan PT. AN. Jadi perusahaan PT AN haruslah menurunkan CSR-nya kepada masyarakat dalam bentuk sosial, karena PT. AN sudah 21 tahun berdiri dan beroperasi di Kecamatan Ajibata," tegas Ryan.

Ryan kepada beberapa awak media mengatakan, mereka memberikan tenggang waktu kepada perusahaan hingga 24 Oktober 2019 untuk memenuhi tuntutan mereka.

"Pastinya kita tunggu dulu dari mereka apa tanggapannya. Kalau memang nanti tidak ada hasil atau tanggapan perusahaan, maka kita akan melakukan aksi demo kembali yang lebih besar, yang kita lakukan sekarang jelas aksi damai dan tidak ditunggangi siapa pun serta murni untuk kepentingan umum," tegas Ryan.

PT AN melalui bidang External, Raja Buttu Sidabutar di dampingi Jhonson Hutajulu, Rafles Sirait dan Sakti Sinaga selaku bidang Community kepada awak media mengakui, hasil dialog telah dituangkan dalam notulen rapat dan selanjutnya akan disampaikan kepada management perusahaan untuk ditindaklanjuti.

"Sebagaimana untuk mencari solusi damai demi kemanan dan ketertiban, seperti kita ketahui dan lihat bersama, aliansi demo telah kita ajak untuk dialog, selanjutnya tuntutan massa yang tertuang dalam notulen rapat akan kita sampaikan kepada pimpinan management perusahaan," kata Raja Buttu.

Menyikapi dan menanggapi aksi Demi oleh Aliansi Pemuda Kecamatan Ajibata - Parapat Kabag OPS Polres Tobasa, Kompol Efendy Sinaga mengapresiasi aksi damai yang dilakukan sejumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Kepemudaan Kecamatan Ajibata - Parapat.

"Kita berterima kasih kepada semua pihak masyarakat, karena mereka menyampaikan aspirasinya dengan baik dan benar. Harapan kita juga, nanti penyelesaian dari pihak perusahaan transparan terhadap masyarakat, dan nanti kalau ada lagi pertemuan antara masyarakat dengan perusahaan, kita siap turun mengawal, dan aksi hari ini tidak ada masalah," ujar Kompol Efendi Sinaga dilokasi kepada beberapa awak media.

Turut hadir dalam rapat dan dialog anatara pihak Perusahaan dengan para massa Aliansi, Kapolsek Lumbanjulu, AKP K Tarigan, Sekcam Ajibata, M Butarbutar, Ketua PP Ajibata, Duen Sirait, Ketua Karang Taruna Ajibata, Hondol Sirait, Ketua Karang Taruna Parsaoran, Heiko P, Naposo Bulung Ajibata, Panji Gurning, Naposo Bulung Desa Pardomuan, Tamba Tua Sirait, Ketua Pokdarwis Marsada Jaya, Darwin Sinaga, dan Naposo Bulung Pardamean Ajibata, Indra Sirait.