TOBASA - Kapolres Toba Samosir AKBP Agus Waluyo melaunching penanaman sejuta pohon di tepian Danau Toba lokasi wisata Pantai Pasir Putih Parparean, Desa Parparean II, Kecamatan Porsea, Selasa (15/10/2019).

Penanaman sejuta pohon yang diinisiasi Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto, turut dilaksanakan oleh jajaran Polres Tobasa bersama TNI, Pemkab Tobasa, PT. Inalum, PT.TPL.Tbk, tokoh masyarakat, tokoh adat dan pemuda.

Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan penanaman sejuta pohon tersebut merupakan prioritas pembangunan pemerintah pusat pada program pembangunan kawasan pariwisata yang super prioritas oleh pemerintah pusat terhadap Danau Toba.

Pada 2020 mendatang, pemerintah menggelontorkan Rp. 4,04 triliun untuk peningkatan pengembangan dan pembangunan destinasi pariwisata kawasan Danau Toba.

"Di Kkawasan Danau Toba, yang menarik wisatawan adalah danaunya. Artinya, apabila danaunya semakin surut, tentu pariwisata ini tidak akan diminati dan dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun lokal, karena sudah tidak ada air di danaunya lagi," bebernya.

Dirinya juga mendengar dari tokoh masyarakat di sini, bahwa sekitar tahun 2010 lalu, lokasi pantai pasir putih ini masih ada airnya (kawasan perairan Danau Toba) hingga puluhan meter dari bibir pantai danau toba saat ini.

"Seiring dengan berjalannya waktu, hingga sekarang airnya sudah semakin surut begitu jauh," kata Kapolres.

Menyikapi hal tersebut, Kapoldasu memiliki inisisasi dengan program launching penanaman sejuta pohon di tepian kawasan Danau dan perbukitannya demi melestarikan dan menjaga sumber air Danau Toba kedepan dan benar-benar memulihkan alam supaya tangkapan air di wilayah Danau Toba semakin lebih baik dan keasriannya semakin terjaga dan lestari.

"Tentunya hal tersebut bisa dicapai dengan menggugah kepeduulian seluruh berbagai lapisan warga masyarakat khususnya perusahaan swasta maupun BUMN dan BUMND untuk berperan aktif dalam menggalakkan penanaman sejuta pohon demi kelestarian panorama alam kawasan Danau Toba untuk mewujudkan Kawasan Destinasi Pariwisata yang mendunia (Go Internasional)," terangnya.

Penanaman sejuta pohon ini diawali dengan penanaman pohon sebanyak 200 pohon produktif seperti Pohon Macadamia, Alpokat, Durian, Mangga, Kuini dan beberapa pohon lainnya.

"Ini adalah baru awal launching, dan selanjutnya nanti kita sama-sama mengawasi dan sama-sama merawat, semoga Pohon yang kita tanam hari ini benar-benar bisa tumbuh dan hidup dengan semestinya. Untuk itu marilah kita semua sama sama peduli hendaknya acara hari ini janganlah hanya acara seremonial saja," sebutnya.

Giat ini turut dihadiri Bupati Tobasa yang diwakili Asisten 1 Tata Pemerintahan Harapan Napitupulu, Dirut BPODT Arie Prasetyo, Sekwan DPRD Tobasa Resman Sirait, Kadis Lingkungan hidup Mintar Manurung, Kadis Kesehatan Juliwan Hutapea, Kadis Sosial Raja Ivan Sinurat, Staf Ahli Pemerintahan Tobasa Ultri Sonlahir Simangunsong, Deputi GM PT Inalum Indra Arifin, Para Pejabat Jajaran Polres Tobasa, Camat Porsea Robert Manurung, Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan, dan beberapa Camat se-Kab.Tobasa, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta beberapa undangan lainnya.