MEDAN - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) menyudisium sebanyak 26 sarjana kedokteran (S.Ked), Sabtu (12/10/2019) di Aula FK UISU Jalan STM, Medan.

Dalam arahannya, Dekan Fakultas FK UISU dr Indra Janis MKT meminta agar lulusannya jangan pernah lelah untuk belajar dan menggali ilmu dari berbagai buku keilmuan.

"Ini tahap pertama kalian menyelesaikan proses akademik di Fakultas Kedokteran. Dan pola belajar juga berbeda antara SKed dengan prodi profesi. Makanya saya meminta, dengan adanya ilmu yang sudah didapatkan, agar kalian lebih tingkatkan lagi pada saat turun ke rumah sakit yaitu prodi profesi," tegasnya.

Artinya, lanjut mantan Wakil Dekan II FK UISU itu, cara belajarnya juga akan berbeda. Di mana, para lulusan langsung terjun ke pasien.

"Kalian harus menerapkan ilmu yang diperoleh di S.Ked. Makanya, saya meminta agar lulusan banyak membaca, menggali ilmu dari buku-buku lain, dan banyak bertanya dengan staf pengajar, baik di rumah sakit maupun di fakultas. Artinya kita siap kapan saja untuk mereka," jelas Dekan.

Selain itu, Dekan juga meminta lulusan untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar di rumah sakit. Artinya, ilmu itu tidak terputus dari prodi sarjana kedokteran ke prodi profesi.

"Dari semuanya itu, kalian akan siap dengan ujian UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter). Mudah-mudahan, hasil presentase ujian UKMPPD menjadi lebih meningkat. Paling tidak kita harus di atas 70 persen," harapnya.

Di lain sisi, Dekan juga meminta agar lulusan dapat menjaga nama baik FK UISU dan tetap mengedepankan nilai-nilai keislaman di manapun berada.

"Karena ciri khas FK UISU berbeda dengan fakultas lainnya, jadi jagalah akhlak kita, sesuai dengan apa yang disyariatkan dalam agama kita. Jadi nampak ciri khas kita. Di samping ilmunya, kalian juga bersaing," tandasnya.

Sementara itu, dari 26 peserta yudisium, Putri Rapiani Dalimunthe meraih IPK tertinggi yakni 3,44. Hadir pula pada yudisium ini antara lain Wakil PD III (KAK) dr. Alamsyah, M.Kes, Ka. Prodi. Atan Bestari, M.Kes, S.ked Ka Prodi Profesi, DR dr Umar Zein SpPD, DTM&H, KPTI, Sekretaris MEU dr. Surya Akbar, M.PD Ked dan para Guru Besar.