SIMALUNGUN-Sebanyak 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Simalungun periode 2019-2024 resmi dilantik pada Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji di Gedung DPRD Simalungun, Pamatang Raya, Rabu (25/9/2019).

"Rapat Paripurna Pelantikan dan Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD tersebut dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Abdul Hadi Nasution SH MH dan rohaniawan Islam, Kristen, Katolik dan dihadiri oleh Bupati Simalungun JR Saragih, Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga, Sekretaris Daerah Simalungun Drs Gidion Purba, Danrem 022/PT Kolonel Inf R Wahyu Sugiarto, Dandim 0207 Sml Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, Kepala Kejaksaan Negeri, Kapolres AKBP Heribertus Oppusunggu, komisioner KPU dan Bawaslu, pimpinan OPD, para Camat, ulama, tokoh masyarakat serta keluarga Dewan.

Sekretaris DPRD Simalungun Sahat ML Simangunsong membacakan surat keputusan Gubernur Sumatera Utara tentang peresmian pemberhentian anggota DPRD Simalungun masa jabatan 2014-2019 dan peresmian pengangkatan anggota DPRD Simalungun masa jabatan 2019-2024.Selanjutnya Ketua DPRD masa Jabatan 2014-2019 Drs Johalim Purba menyerahkan palu pimpinan sidang kepada pimpinan sementara Timbul Jaya Sibarani (Partai Golkar) dan Samrin Girsang (PDIP).

Johalim Purba dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama kepada masyarakat karena telah mempercayakan menjadi anggota DPRD selama 10 tahun, dimana selama 5 lima tahun yakni pada periode 2014-2019 saya menjadi Ketua DPRD.

"Hari ini saya sangat senang mengakhiri masa jabatan saya, dan kita yakin kepada Pimpinan DPRD Simalungun yang baru akan mampu mempimpin,"ungkapnya.

Sementara itu Pimpin DPRD Simalungun untuk sementara waktu yakni Timbul Jaya Sibarani mengatakan sangat bangga pada pelantikan DPRD Simalungun periode 2019-2024 menggunakan pakaian adat budaya simalungun. "DPRD yang lalu sudah harmonis kita harapkan yang baru akan lebih harmonis lagi, karena tujuan kita dengan Bupati sama, yakni untuk memajukan Simalungun, "ujarnya.

Timbul menambahkan untuk program DPRD Simalungun dalam waktu dekat menentukan kelompok kerja(pokja) sambil menunggu pimpinan DPRD yang defenitif dan selanjutnya pembahasan tata tertib(tatib).

"Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan dukungan dari DPRD periode 2014-2019 yang telah bersama-sama dalam mendukung pembangunan di Simalungun. Kepada DPRD yang baru diambil sumpah janjinya, Bupati juga menyampaikan ucapan selamat bekerja dan bergabung bersama-sama melanjutkan pembangunan di Simalungun. "Mari kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan, walau tidak lagi menjabat tetapi kita harus tetap bersama membangun Simalungun lebih baik kedepan," ujar Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Simalungun memberikan Dayok Nabinatur( masakan khas simalungun) kepada 50 anggota DPRD yang baru dilantik.*