TOBASA-3 hari pelaksanaan Karnaval Pesona Danau Toba Ke - 4 Tahun 2019 memukau para pengunjung yang datang dari berbagai daerah Kabupaten tetangga dan bahkan ada yang datang dari manca Negara seperti dari Philipina dan Negara Timor Leste.

Sebelumnya Festival KPDT ke - 4 Tahun 2019 diawali dengan pembukaan pelaksanaan kegiatan perlombaan Kuliner memasak makanan khas suku Batak.

Di hari pertama KPDT Panitia melaksanakan lomba memasak kuliner khas Suku Batak yang dikuti 20 peserta, lomba dengan kriteria masakan berbahan dasar Daging Ayam, Ikan Air Tawar dan berbahan dasar Daging Babi.

Di hari ke 3 akhir pelaksanaan acara KPDT Ke - 4 Tahun 2019 oleh panitia mengumumkan para juara lomba pada festival Kuliner memasak makanan kahas suku Batak.

Festival kuliner yang merupakan makanan khas andalan Pariwisata Kabupaten Toba Samosir menjadi unggulan makanan dari suku Batak Toba di Destinasi Pariwisata Danau Toba.

Berhasil meraih juara yang diumumkan pada acara penutupan yang tak kalah menarik dengan berbagai makanan kuliner khas suku lain di wilayan Nusantara NKRI. Para juara di lomba Kuliner memasak pada Festival Karnaval Pesona Danau Toba pada kategori Lomba Memasak Berbahan Dasar Ayam Juara I - PHRI Tobasa, Juara II - Kecamatan Silaen, Juara III - Kecamatan Balige dan Juara IV berhasil diraih oleh Kecamatan Habinsaran.

Untuk juara kategori Lomba Memasak dengan Berbahan Dasar Ikan Juara I berhasil diraih Kecamatan Parmaksian untuk Juara II diraih Kecamatan Bonatua Lunasi dan untuk Juara III diraih Kecamataan Lumban Julu serta Juara IV berhasil diraih oleh Kecamatan Siantar Narumonda.

Untuk kategori Lomba memasak ketiga pada jenis makanan berbahan Dasar daging Babi untuk Juara I berhasil diraih oleh Kecamatan Sigumpar untuk Juara II diraih Dharma Wanita Balige, Juara III diraih oleh Kecamatan Porsea dan untuk Juara IV berhasil diraih oleh Kecamatan Laguboti.

Untuk Dewan juri pada Festival masakan Kuliner khas suku Batak Toba di hadirkan dari ibu kota Propinsi yakni para Chef berpengalaman dan ahli dibidang masakan tradisional dan modern.para dewan juri adalah Chef yang tergabung di ICA (Indonesia Chef Assosation) DPD Propinsi Sumut.

Dewan juri pada lomba Kuliner Festival Pesona Danau Toba 2019 dipimpin oleh Chef Hasan Basri Sinaga sebagai Ketua Dewan Juri, Chef Nardi Banjarnahor Chef dari Swiss Bell Hotel Medan, Chef Jafar Yacub dari Restoran Sucity Medan dan Chef Arjuna Nadeak Chef dari Del.

Dijelaskan Chef Hasan Basri Sinaga selaku ketua dewan Juri Lomba Kuliner Festival Pesona Danau Toba yang diperlombakan jenis masakan tradisional Batak yang menjadi menu andalan pariwisata Tobasa seperti :Ayam Padar, INaniura, Saksang B.2, Naniarsik, Panggang dan Tanggo - Tanggo B.2.

Disampaikan Hasan Basri pada lomba kuliner masakan khas suku Batak dengan penilaian 7 kriteria yang dinilai oleh para Dewan Juri di ajanv Festifal Kuliner Pesona Danau Toba 2019 untuk 20 peserta lomba yang nantinya juara yang diambil mulai dari juara 1 sampai juara harapan 2 yang akan dimumkan pada hari ke 3 hari terakhir pelaksanaan Festival Pesona Danau Toba 2019 pada hari Minggu (15/9/2019).*